by

Kegiatan Wasbang Kembali Diberikan Pada Warga Dilokasi TMMD Reg-112 Kodim 0720/Rembang

Rembang, Indonesianews.co.id

Kegiatan penyuluhan Wasbang (Wawasan Kebangsaan) Penguatan Idiologi Pancasila dan karakter kebangsaan dengan tema “Revitalisasi nilai-nilai Pancasila dalam tindakan melalui gotong royong”, kembali diberikan kepada warga masyarakat Desa Trembes, Kec. Gunem, Kab. Rembang, di Pendopo Balai Desa Trembes, dalam rangka mengisi kegiatan sasaran Non fisik program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Reguler ke-112 Kodim 0720/Rembang yang sedang berlangsung di Desanya Trembes. Sabtu (09-10-2021).

Sebagai Pemateri dan Nara sumber Kapten Inf Kun Muhandis Khoeroni (Danramil Gunem dan Pawas TMMD) dan Iptu Joko Susilo, S.H., (Kapolsek Gunem), peserta dan warga cukup Antusias, hal tersebut dapat dilihat dari jumlah kehadiran warga ssat mengikuti kegiatan oenyuluhan tersebut.

“Nilai-nilai Pancasila sekarang ini kian hari kian terkikis, hal ini dibuktikan dalam bentuk pengetahuan, sikap maupun perilaku yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan oleh bangsa ini, tindakan-tindakan yang seharusnya tidak dilakukan justru dimunculkan sehingga memicu terjadinya berbagai perselisihan, permusuhan maupun perpecahan”, papar Kapten Muhandis di awal memberikan Materi.

Lebih lanjut Kapten Muhandis menambahkan, “Pancasila sebagai dasar negara saat ini cenderung dipandang hanya sebatas simbol yang mulai kehilangan Roh dan makna Filosofinnya, tidak mengherankan apabila saat ini Nasionalisme atau wawasan kebangsaan ke-Indonesia-an menjadi barang mewah yang sangat sulit ditemukan dikalangan generasi muda”.

“Berbagai permasalahan yang terjadi akhir-akhir ini disebabkan semakin lunturnya Toleransi atas perbedaan dan kemajemukan diantara Komponen bangsa, permasalahan ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena akan melemahkan sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, oleh karena itu seluruh Komponen bangsa dalam susunan Supra Stuktur, Infra Struktur dan Sub Struktur Politik harus mampu membangun kembali dan me-Revitalisasi nilai-nilai Pancasila sebagai rangsangan dalam menumbuhkan semangat kebangsaan dan Nasionalisme”, tambahnya.

“Hal tersebut dapat dilakukan dan dipupuk dengan kegiatan kecil dari Individu masing-masing orang dengan kegiatan yang mengedepankan kerjasama dan gotong royong, sehingga kesadaran setiap Invidu terbentuk untuk bersatu demi mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam Konteks kecil maupun besar”. Jelasnya. (Trisno/Pendim/0720/Rembang).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed