Walikota Depok Launching Sistem Kalkulator Simulasi Retribusi

Daerah12309 Views

Depok, Indonesianews.co.id

Walikota Depok Mohammad Idris launching Sistem Kalkulator Simulasi Retribusi (Sikasir), diruang Pelayanan DPMPTSP Lantai 1 Gedung Baleka Kota Depok, Jumat (21/07/2023).

Aplikasi Sikasir DPMPTSP Kota Depok digagas oleh Kabid Pelayanan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Depok Drajat Karyoto

Hal tersebut dikaitkan dengan mengurangi jumlah piutang yang berasal dari masyarakat atau pemohon IMB,

“Aplikasi ini mengurangi piutang dari pemohon,” ujar Walikota Depok Muhammad Idris.

Lebih lanjut orang nomor satu tersebut menegaskan bahwa aplikasi ini menjadi salah satu penilaian sebagai Kota kreatif city.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Depok,Manguluang Mansur mengatakan bahwa dengan aplikasi Sikasir Online, masyarakat atau pemohon mengetahui pembiayaan yang akan dibayarkan.

“Mereka menjadi tahu besaran biaya yang dibayarkan sesuai dengan luas bangunan. Tingkat akurasi dalam Sikasir Online mencapai 98 persen dan tidak jauh dari jumlah retribusi yang akan dibayarkan,” ujar Mangnguluang Mansur.

Dengan aplikasi ini, lanjut Manguluang Mansur, dapat menambah PAD di Kota Depok.

“Ini bisa dilakukan secara online dengan menggunakan smartphone, jadi masyarakat bisa langsung mengakses dengan cepat,” pungkasnya. (Eka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *