Kanwil Kemenkumham Kalsel Meraih Penghargaan Terbaik I Pelaksanaan Anggaran dan Peningkatan Alokasi DIPA TA 2024

Daerah264 Views

Banjarbaru, Indonesianews.co.id – Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2024, yang berlangsung di Gedung Dr. KH. Idham Chalid, Komplek Perkantoran Setda Provinsi Kalsel, Banjarbaru pada Jumat, 01/12/2023.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat tinggi, termasuk Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, Ketua DPR Provinsi Kalimantan Selatan, H Supian HK, Forkopimda Provinsi Kalimantan Selatan, termasuk Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan, Faisol Ali.

Dimulai dengan penghormatan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bergerak, acara kemudian fokus pada Laporan Pelaksanaan APBN 2023 dan Alokasi APBN 2024 oleh Syafriadi. Ia menyampaikan kondisi perekonomian Kalimantan Selatan yang stabil dengan pertumbuhan sebesar 4,57%. Berbagai langkah strategis untuk optimalisasi alokasi anggaran juga dijabarkan, termasuk identifikasi potensi pagu minus dan penyelesaian revisi DIPA.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan mendapat apresiasi khusus karena termasuk dalam Alokasi Belanja 10 K/L terbesar dan mendapat alokasi APBN Tahun 2024 sebesar 258,46 miliar, meningkat 4,77% dari tahun sebelumnya.

Momen selanjutnya ialah peluncuran aplikasi Dashboard SI JAYA UNIK dari DJPb Provinsi Kalimantan Selatan, yang akan mempermudah proses monitoring anggaran.

Pada kesempatan ini, Kanwil Kemenkumham Kalsel meraih penghargaan Terbaik I Kinerja Pelaksanaan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga se-Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023 untuk kategori besar.

Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Paman Birin menyampaikan selamat kepada seluruh instansi yang meraih penghargaan dan mengapresiasi peluncuran aplikasi SI JAYA UNIK. Ia juga memberikan arahan untuk bekerja dengan cepat, responsif, dan tetap menjaga aspek Good Governance dan Transparansi.

Acara mencapai puncaknya dengan penyerahan DIPA dan TKD TA 2024 kepada Kementerian dan Lembaga di Provinsi Kalimantan Selatan. Kanwil Kemenkumham Kalsel menerima penyerahan DIPA TA 2024 secara simbolis langsung diserahkan oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Kakanwil DJPb Kalimantan Selatan, dan Ketua DPR Provinsi Kalimantan Selatan kepada Kakanwil Kemenkumham Kalsel dengan alokasi sebesar Rp. 258,46 miliar.

Faisol Ali mengungkapkan rasa syukurnya terhadap penghargaan yang diberikan DJPb Kalimantan Selatan ini.

“Saya sangat bersyukur atas penghargaan Terbaik I yang diberikan, ini merupakan kerja keras dan komitmen pelaksanaan anggaran di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, sangat saya apresiasi kerja keras dan penghargaan ini, dan juga atas amanah DIPA TA 2024 kembali menjadi tantangan bagi kami untuk mengelola dan memanfaatkan anggaran sebaik-baiknya sesuai yang telah direncanakan,” ungkapnya.

Kegiatan ini menandai komitmen Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan dalam mengelola dan memanfaatkan anggaran dengan baik untuk mendukung pembangunan dan pelayanan publik Kementerian/Lembaga di Kalimantan Selatan. Semua kegiatan berjalan dengan lancar dan tertib, menandai suksesnya acara tersebut. (Eka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *