Aksi Ratusan Buruh Tuntut Kenaikan Upah, “Open BO Aja Naik Masak UMK Enggak”

Daerah471 Views

Rembang, Indonesianews.co.id

Meski kondisi hujan, tidak menyurutkan bagi ratusan massa pabrik sepatu mengajukan tuntutan kenaikan gaji sesuai upah minimun Kabupaten (UMK) Rembang. Masa berorasi di depan Kantor Bupati Rembang, Jum’at (01/12/23).

Uniknya, salah satu aksi demo Serikat buruh sambil melentangkan tangan ke atas sambil memegang selembar kardus yang bertulisan “Open BO Aja Naik, Masak UMK Enggak”.

Orasi ratusan buruh pabrik yang tergabung dalam serikat pekerja nasional (SPN), serikat pekerja mandiri (SPM) dan serikat buruh seluruh Indonesia (SPSI) di Kabupaten Rembang.

Sementara salah satu perwakilan melakukan audensi di dalam gedung Bupati Rembang.
Di kesempatan itu Ketua Perwakilan Serikat Pekerja Nasional (SPN) Emon usai audensi di Kantor Bupati Rembang mengatakan, tadi di dalam ada tim 12 yang menyimpulkan dan merespon, cuma memang butuh waktu, karena ada regulasi-regulasi yang harus dijalankan.

Acuannya adalah yang pertama tetap dia akan mengacu kepada apa yang menjadi usulan kita untuk kenaikan UMK, ada lagi yang di jadikan acuan adalah terkait kenaikan UMK di Jepara itu kan mencapai 7,8 persen dengan memakai Alpa 2,9 persen.

“Nah ini juga akan ditelusuri, ketika memang Rembang ini masuk ke arah sana maka Bapak Bupati akan menyampaikan ataupun mengusulkan kembali ke Gubernur ada perubahan (UMK) di Kabupaten kota Rembang,” terangnya.

Menurut Emon, ini nanti kita kawal secara bersama-sama, karena penetapannya tanggal 30 November, tetapi pemberlakuannya adalah 1 Januari. Jadi kita masih punya waktu kurang lebih satu bulan dari sekarang ini.

“Hal yang baik tanggal 20 Desember. Ada kabar maksimal tanggal 20 Desember kita sudah mendapatkan hasilnya,” terangnya.

Mudah-mudahan kita semua berharap apa yang menjadi harapan kita, yang kita usulkan hari ini melalui audensi dengan bapak Bupati bahwa dapat membawa keberkahan buat kita semua dalam rangka mengusulkan kesejahteraan kita bersama.

Buruh yang sejahtera dapatkan upah layak sesuai dengan kebutuhan hidup kita masing-masing di dalam keluarga.

“Aksi hari ini membuahkan hasil yang cukup maksimal”, Pungkasnya

Menurut saya (Emon Red) bapak Bupati menangapi dengan baik dan mau mendengarkan apa aspirasi kita serta keinginan kita. (Aziz/Trisno/Rbg).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *