APDMI Lakukan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) Di TMII

Pendidikan189 Views

Jakarta, Indonesianews.co.id 

Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta dan Aliansi Program Doktor Manajemen Indonesia (APDMI) dalam upaya meningkatkan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berkontribusi dalam kegiatan yang dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah. Program Pascasarjana diwakili oleh Ketua Program Studi Doktor Ilmu Manajemen yakni Ibu Prof. Dr. Hamidah, S.E., M.Si. menyambut baik aktivitas pengabdian masyarakat yang diikuti oleh UMKM di sekitaran Kecamatan Cipayug, Jakarta. Ketua APDMI yakni Ibu Prof. Dr. Tanti Hendriana, S.E., M.Si. menyatakan bahwa kegiatan tahunan ini merupakan wujud pengabdian yang dilaksanakan oleh APDMI selaku Aliansi Program Doktor yang menjaring rekan-rekan pelaku UMKM untuk tetap eksis dalam perkembangan jaman yang semakin menuntut perilaku adaptif. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Sabtu, 28 Oktober 2023 yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Workshop dengan tema “Pengabdian Masyarakat APDMI untuk UMKM” yang merupakan kegiatan pada masyarakat (P2M) Aliansi Program Doktor Manajemen Indonesia yang berkolaborasi dengan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan berwirausaha dikalangan pelaku UMKM di Kecamatan Cipayung, Jakarta. Pelaksanaan P2M tersebut telah dimulai dengan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Sebelum pelaksanaan kegiatan panitia telah menyiapkan beberapa hal seperti membuat surat izin pelaksanaan kegiatan, merancang materi, menyiapkan modul dan mempersiapkan peserta UMKM yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menghadiri kegiatan.

Kegiatan P2M ini dihadiri oleh Ketua Program Studi Ilmu Manajemen yakni Ibu Prof. Dr. Hamidah, S.E., M.Si. serta Ketua APDMI yakni Ibu Prof. Dr. Tanti Hendriana, S.E., M.Si. dan para pelaku UMKM yang berada di wilayah Kecamatan Cipayung, Jakarta. Selaku pihak yang melaksanakan kegiatan P2M hadir pula mahasiswa Universitas Negeri Jakarta pada Program Doktor Ilmu Manajemen Konsentrasi Marketing yang terdiri dari Ghassani Herstanti, Indrasakti Agung Nugroho, Risky Rahmawati Pinardi, Gabelas Makmur Simamora, Ahmad Nuh, Kurnia Budhy Scorita, dan Agus Putra.

Registrasi pengisian daftar hadir peserta dimulai pada pukul 06.45 – 07.50 WIB. Kegiatan dimulai pada pukul 07.50 WIB dengan pemberian kata sambutan oleh Ibu Prof. Dr. Hamidah, S.E., M.Si. selaku Ketua Program Studi Ilmu Manajemen Universitas Negeri Jakarta. Selanjutnya kata sambutan yang diberikan oleh Ibu Prof. Dr. Tanti Hendriana, S.E., M.Si. selaku Ketua APDMI. Kegiatan seminar dilaksanakan pada pukul 08.15 – 10.00 yang dibagi menjadi 2 sesi yakni sesi 1 pada pukul 08.15 – 09.15 dilaksanakan oleh Perwakilan oleh APDMI dan pukul 09.15 – 10.00 dilaksanakan oleh Pihak OJK.

Pada sesi 1, pengabdian masyarakat dilaksanakan oleh perwakilan APDMI yakni Prof. Dr. Rahmawati, M.M, Prof. Dr. Indrianawati Usman, S.E., M.Sc., dan Prof. Dr. Ramadania, S.E., M.Si. dengan membawakan materi mengenai perkembangan UMKM dan menganalisis permasalahan yang terjadi di lingkungan UMKM. Interaksi terjadi selama penyampaian materi oleh perwakilan APDMI dengan pelaku UMKM untuk memperdalam pengetahuan dalam keberlangsungan usaha. Sampai akhirnya pada sesi yang kedua yakni pukul 09.15 – 10.00, materi disampaikan oleh perwakilan OJK yakni Bapak Ario selaku Deputi Direktur di OJK. Penyampaian materi yang disampaikan oleh OJK memberikan pengetahuan regulasi dan ketentuan yang mapan bagi para pelaku UMKM untuk tetap eksis dalam dunia usaha. Interaksi yang terjadi memberikan pemahaman terhadap pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha lebih baik lagi. Kegiatan berlangsung hingga pukul 10.00 dan peserta UMKM mendapatkan dana permodalan dari APDMI untuk dapat berkontribusi pada pengembangan UMKM lebih maju dan lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *