by

Pohon Beringin Berusia Ratusan Tahun Di Situs Kemiri Menyimpan Cerita Menohok

-Daerah-2 views

Pati, Indonesianews.co.id

Pohon beringin yang berada di situs Kemiri Desa Sarirejo Kecamatan Pati Kota Kabupaten Pati Jawa Tengah ini berusia ratusan tahun dengan ukuran yang cukup besar. Dan konon banyak cerita mistis dibalik pohon tersebut.

Pohon Beringin tersebut dipercaya menjadi gerbang masuk menuju Kadipaten Pati. Perlu diketahui juga bahwa peninggalan yang berada di situs Kemiri ini menyimpan sejarah Kadipaten Pati Pesantenan. Diantaranya ialah Pendapa Lama , Genuk Kemiri , dan Ringin Kurung.

Menurut cerita konon terdapat dua buah pohon beringin yang berada di situs kemiri. Namun , karena usianya yang sudsh tua dan kondisi pohon lapuk kini hanya tinggal satu pohon saja.

Adapun letak pohon beringin ini berada di halaman paling depan dengan ukuran batang lumayan besar serta memiliki ketinggian kurang lebihnya 7 meter. Biasanya pohon beringin ini juga dikenal dengan sebutan Ringin Kurung.

Juru Kunci Situs Kemiri , Legiman (70) mengatakan dulu di Situs Kemiri terdapat pohon yang sampai sekarang dipertahankan dan masih hidup utuh. Namun sekarang hanya tinggal satu pohon saja yang usianya ratusan tahun.

“Di sini ada pohon yang tidak ditebang untuk kenang-kenangan, menjadi bukti bekas hutan . Satu pohon beringin itubada dua. Dulu letaknya sejajar , tapi satu pohon sudah tua dan akhirnya mati. Saat ini ditanami pohon yang baru tapi tidaj beringin,” jelasnya ditemui awak media pada Sabtu, (22/1/2023) di situs kemiri.

Ia menambahkan , pohon beringin ini dikenal dengan sebutan Ringin Kurung yang dipercaya miliki usia ratusan tahun. Yakni pada saat pembukaan hutan oleh Raden Kembangjoyo pada tahun 1294 M. Saat itulah awal mula dibukanya Kadipaten Pati Pesantenan katanya.

“Pohon itu dulu dinamakan Ringin Kurung. Pohon iti dibuat gerbang masuknya Kadipaten,” terangnya.

“Misal ada kadipaten lain itu masuk lewat antara pohon beringin dua itu,” imbuhnya.

Jadi , kata Legiman pohon beringin yang berada di Situs Kemiri ini dipercaya menjadi gerbang masuk ke Kedipaten Pati Pesantenan. (AhmdT/Trisno).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *