by

Hasiroh Hafidz, Pembina Upacara Peringatan Hari Kartini ke-143

-Daerah-36 views

Rembang, Indonesianews.co.id

Hasiroh Hafidz bertindak sebagai Pembina Upacara Peringatan Hari Kartini Ke 143 yang dilaksanakan di Pendopo Museum Kartini Rembang, Kamis 21 April 2022.

Sempat diwarnai cuaca mendung sampai hujan deras, tetapi menjelang upacara dimulai hujan telah mereda sehingga tidak mengurangi kekhidmatan upacara. Hadir dalam acara ini Bupati H. Abdul Hafidz, S.Pd.I dan Wakil Bupati Rembang HM. Hanies Cholil Barro’, anggota Forkopimda beserta istri, seluruh pejabat beserta istri dilingkungan Pemkab Rembang, dan Gabungan Organisasi Wanita seperti Dharma Wanita, TP. PKK, Persit Kartika Chandra Kirana, dan Bhayangkari.

Bertindak sebagai pembina upacara Hj. Hasiroh Hafidz, selaku penasehat Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Rembang dalam sambutannya menyampaikan, “Hari ini adalah Suatu Peringatan Nasional yang didedikasikan untuk kaum wanita di seluruh Indonesia. Hari dimana sejarah perjuangan wanita Indonesia memperoleh haknya secara proporsional sehingga emansipasi wanita sejajar dengan kaum pria pada tempatnya.”

Semangat Kartini terus mendarah daging pada setiap generasi dan terus bertransformasi mengikuti perkembangan zaman. Saat ini, perempuan tidak lagi hanya mengurus rumah tangga, melainkan juga turut berperan dalam roda perekonomian keluarga, daerah, hingga bangsa.

Perempuan yang semula hanya akrab dikaitkan dengan posisi istri maupun ibu rumah tangga, kini punya peran lebih luas. Stigma bahwa perempuan tidak bisa melakukan apa-apa atau melakukan sesuatu setengahnya, tidak harus kita terima begitu saja. Kartini sebagai salah satu contoh perempuan yang berhasil mendobrak stigma bahwa perempuan hanya menjadi ibu rumah tangga. “Kita bisa lebih dari itu”.

Perjuangan dan pemikiran Kartini adalah sumber inspirasi bagi kita semua, yang hingga kini masih sangat relevan. Kartini tidak berjuang hanya untuk dirinya sendiri, namun beliau berjuang untuk perempuan-perempuan lain dalam memperoleh persamaan hak dan kesempatan untuk maju dan berperan positif dalam keluarga, masyarakat, negara dan dunia.

Pemikiran kreatif dan Inovatif Raden Ayu (RA)Kartini membuahkan keteladanan yang menginspirasi banyak kalangan. Dengan kreativitasnya dalam membangun dunia pendidikan, Kartini berhasil membawa kaum wanita Indonesia dari zaman kegelapan menuju cahaya atau ilmu.

Kita dukung bersama program Pemerintah Kabupaten Rembang dengan mewujudkan misi ke-3 yaitu membangun Infrastruktur dan Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan Berkualitas dan Berkeadilan. Senada dengan tema Hari Kartini ke-143 Tahun 2022 “Dengan Semangat Kartini Perempuan Berkarya, Kreatif, Inovatif, Dan Berdikari Menuju Rembang Gemilang.”

“Mari kita tingkatkan pemberdayaan dan kebangkitan perempuan dalam pembangunan. “Habis Gelap Terbitlah Terang”, perempuan harus mampu membuktikan bisa mandiri dan berprestasi tanpa melupakan kodratnya sebagai istri maupun ibu.” menutup sambutannya. (Sumber : Prokopimda Setda Rembang/Trisno).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed