by

Sosok Jenderal Polisi (Purn) Dr. M. Said Saile, Ketua Umum PB Kebugis Periode Pertama

-Sosok-9 views

Jakarta, Indonesianews.co.id 

Bapak Irjen Polisi (Purn) Dr. M. Said Saile, M.Si adalah Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Bugis Sidenreng Rappang (PB Kebugis) Periode Pertama dan salah satu pencetus ide dan penulis Buku ini.

M. Said Saile dilahirkan di Tonrongnge, Sidrap, 10 Agustus 1957, 10 bersaudara kandung. Ia menyelesaikan Pendidikan dasar hingga menengahnya di Sidrap; kuliah di Institut Ilmu Kependidikan (IKIP) (sekarang Universitas Negeri Makassar), meraih gelar master di bidang lingkungan hidup di Universitas Indonesia; dan gelar doktor di bidang kependidikan di Universitas Negeri Jakarta.

Setamat IKIP, M. Said merantau ke Jakarta, mendaftar, diterima, dan mengabdi di Kepolisian Republik Indonesia selama 31 tahun, termasuk di Bareskrim Polri, Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Lemhannas RI, Sekjen Persatuan Sepak Takraw Indonesia; dan kini ia dipercaya oleh Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, Imam Besar dan Ketua Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI), sebagai Deputi atau Kepala Bidang Pemeliharaan Aset, Ketertiban, dan Keamanan Badan Pengelola Masjid Istiqlal.

Selama mengabdi di Kepolisian dan Lemhannas, M. Said Saile telah mengunjungi beberapa negara seperti: Singapura, Malaysia, Belanda, Belgia, Austria, Australia, Francis, Italia, Arab Saudi, Spanyol, Thailand, Korea Selatan, dan India.

M. Said Saile memperistri Dra. Hj. Ummul Qura Said Saile, M. Pd dikaruniai empat putra-putri, dan tiga cucu.

M. Said menerima amanah sebagai Ketua Umum PB Kebugis sejak 18 April 2015 hingga 21 November 2021, didampingi oleh dua juniornya, M. Saleh Mude dan Mashur Bin Mohammad Alias, Sekretaris Jenderal dan Bendahara Umum Kebugis.

Sebagian jejak dan karya kepemimpinan M. Said Saile terekam dengan baik dalam Buku ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed