by

PMI Rembang Prediksi Permintaan Trombosit Melonjak, Seiring Serangan Penyakit DBD Dimusim Penghujan

-Daerah-4 views

Rembang, Indonesianews.co.id

Musim Penghujan Tiba, PMI prediksi permintaan trombosit meningkat. Hal tersebut berkaitan dengan penyakit demam berdarah degue (DBD) yang biasa menyerang di musim penghujan.

Demam berdarah dengue (DBD) biasanya akan meningkat secara signifikan dikala musim penghujan tiba. Hal tersebut berdampak pada meningkatnya permintaan trombosit untuk keperluan para pasien DBD.

PMI Kabupaten Rembang memprediksi untuk musim penghujan, permintaan akan trombosit juga meningkat seiring dengan meningkatnya kasus DBD yang menyerang masyarakat.

“Biasanya kalau musim penghujan begini permintaan trombosit akan naik juga seiring dengan perkembangan kasus DBD,” kata Ervin Nur Cahyanti, Humas PMI Kabupaten Rembang.

Meskipun permintaan trombosit diperkirakan akan naik, Ervin mengatakan ketersediaan sel darah tersebut masih cukup untuk memenuhi kuota pasien yang membutuhkan di Kabupaten Rembang ini.

Untuk menjaga kualitas darah maupun sel darah, pihak PMI Kabupaten Rembang menyimpan stok darah pada bank darah yang ada di RSUD dr. Soetrasno, Rembang.

“Untuk saat ini semua darah, baik yang berupa trombosit maupun kantong darah kami simpan di bank darah untuk menjaga kualitasnya,” kata Ervin.

Sementara itu, bagi masyarakat yang belum pernah melakukan donor darah diharapkan jangan takut akan sugesti yang mengatakan efek samping setelah donor seperti pusing, mual, bahkan pingsan.

“Asalkan dengan persiapan yang tepat, makan buah-buahan dan sayur yang cukup. Efek seperti itu pasti tidak akan ada,” ujar Ervin.

Untuk terus mencukupi stok darah maupun trombosit, PMI Kabupaten Rembang juga memberikan pelayanan setiap hari di kantor PMI Rembang di Jl. Diponegoro Nomor 99, Rembang. Pelayanan dibuka setiap hari kerja, pada pukul 08.00 hingga 20.00 WIB. (Trisno/Rbg).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed