by

Seputar Pengisian Perangkat Desa Kecamatan Sluke Jaga Transparansi, Pemdes Trahan Pasang Bunner Calon dan Hasil Ujian

-Desa-57 views

Rembang, Indonesianews.co.id

Ada pemandangan yang cukup menarik pada penjaringan perangkat desa di Desa Trahan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang. Dalam proses penjaringan kali ini, Pemdes setempat memasang bunner yang memuat informasi terkait nama calon dan hasil ujian di samping kanan kantor desa setempat. Bunner yang berisi informasi itu tampak jelas dan mudah dibaca warga.

Kades Trahan Tunikah SH. mengatakan pemasangan bunner itu untuk menjaga transparansi dalam pelaksanaan penjaringan perangkat desa. Tujuannya supaya masyarakat bisa melihat, membaca dan jika memang ada yang kurang bisa dikoordinasikan kepada pihak desa atau panitia.

Ia mengatakan penjaringan perangkat desa sudah berjalan sesuai ketentuan yang berlaku. Tahapan-tahapanpun sesuai prosedur, mulai dari proses persiapan, pelaksanaan hingga pelantikan. Tahap pertama diawali dengan pembentukan panitia yang terdiri unsur semua lembaga desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat, dan karang taruna.

“Saat itu ada 70 undangan yang kita sebar. Namun hanya 60 orang yang bisa hadir. Saat itu terpilih 5 orang panitia kemudian mereka membuat jadwal sesuai Perbub mulai persiapan, pelaksanaan hingga pelantikan,” Katanya.

“Pemasangan kita transparansi dalam penjaringan perangkat desa. Biar masyarakat bisa melihat, membaca, dan jika ada yang kurang bisa dikoordinasikan,” ungkapnya.

Ia berharap bagi perangkat yang lolos bisa melaksanakan tugas  dengan amanah. Hekdaknya ada keseimbangan  antara hak dan kewajiban. Jadi jangan hanya menuntut hak tetapi tidak melaksanakan kewajibannya.

“Kemudian bagi calon perangkat yang belum lolos kita anggab sebagai kesusksesan yang tertunda dan sebagai pengalaman. Jangan berkecil hati,  mungkin dipenjaringan ini belum sukses, mungkin akan diberikan jalan yang lebih sukses ditempat yang lain,” ungkapnya.

Pada penjaringan perangkat desa di Desa Trahan kali ini, Katiful Umam terpilih untuk mengisi kekosongan perangkat, menjabat sebagai Kepala Dusun (Kadus) I. Pelantikan dilaksanakan Kamis (18/11/2021) lalu. (Trisno/Rbg).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed