by

Pengelolaan Bank Sampah “Resik Apik” Jaga Kebersihan Lingkungan dan Bernilai Ekonomis

Rembang, Indonesianews.co.id

Bertempat di RW 01 dan RW 01desa Gedangan Kecamatan Rembang Babinsa Koramil 01/Rembang Serma Wiwit menghadiri Kegiatan pencanangan bank sampah “ Resik Apik” di balai desa Gedangan Kamis, (18/11/2021).

Serma Wiwit mengatakan bank sampah memiliki beberapa mamfaat bagi manusia dan lingkungan hidup seperti membuat lingkungan menjadi bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan dan membuat sampah menjadi barang ekonomis.

Sodiq, Kepala Desa Gedangan menyampaikan bahwa bank sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilih serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah.

Warga yang menabung yang juga disebut nasabah memiliki buku tabungan dan dapat meminjam uang yang nantinya dikembalikan dengan sampah seharga uang yang dipinjam.

Sampah yang ditabung ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang nantinya akan dijual di Pabrik yang sudah bekerja sama, sedangkan plastik kemasan dibeli PKK desa Gedangan kecamatan Rembang. (Trisno/ Pendim 0720/Rembang).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed