by

Waka Polres Wonogiri Kagum dengan Bangunan Pos Kamling ‘Joglo Gomerto’

Wonogiri, Indonesianews.co.id

Kepolisian Resort (Polres) Wonogiri mengapresiasi kemegahan pembangunan pos keamanan lingkungan (Pos Kamling) di Dusun Gomerto, Desa Watangsono, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Waka Polres Wonogiri, Kompol Drs. Kamiran saat mengunjungi Pondok Pesantren Darul Faidzin yang berlokasi tak jauh dari Pos Kamling tersebut. Kunjungan itu dalam rangka agenda silaturahmi kepolisian terhadap tokoh agama di wilayah hukum Polres Wonogiri pada 11 November 2021 lalu.

“Kepolisian mengapresiasi pengasuh pondok pesantren Darul Faizdin yang telah membangun pos ronda atau Poskamling yang sangat bagus dan megah. Semoga pos ini dapat difungsikan oleh warga dalam menjaga kondusifitas keamanan lingkungan,” ujarnya.

Waka Polres juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, khususnya para pemuka agama yang telah turut serta berperan aktif dalam tugas-tugas kepolisian, “Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan pemuka agama yang telah  berperan aktif membantu tugas-tugas kepolisian. Mohon koordinasi serta kerjasamanya tetap dijaga dan ditingkatkan,” harapnya.

Dalam kunjungannya, Waka Polres Wonogiri didampingi Kabag SDM AKP Prawito, SH dan Kapolsek Jatisrono AKP Sukardi, SH serta disambut langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darul Faizdin, Habib Zaky bin Abdullah Assegaf.

“Terima kasih atas kunjungan dan kehadiran pejabat kepolisian Polres Wonogiri dan Polsek Jatisrono di Pondok Pesantren Darul Faizdin, ini merupakan suatu kehormatan bagi warga Desa Watangsono, khususnya Ponpes Darul Faidzin. Kami keluarga besar pesantren berkomitmen membantu pihak kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketenteraman masyarakat, mohon arahan dan bimbingannya,” kata Habib Zaky.

Pada kesempatan berbeda, Bib Zaky sapaan akrab Habib Zaky bin Abdullah Assegaf menjelaskan terkait pembangunan Pos Kamling di Dusun Gomerto yang terkenal megah serta digadang-gadang akan menjadi Pos Kamling terbaik di Indonesia itu.

“Pos Kamling ini dibangun atas dasar swadaya masyarakat, khususnya saya selaku Pimpinan Pondok Pesantren Darul Faidzin yang mengkomandoi pembangunannya. Karenanya, kami sangat bangga memiliki Pos Kamling yang berbeda dengan Pos Kamling pada umumnya,” kata Bib Zaky, melalui sambungan selulernya pada Rabu (17/11/2021).

Ia menjelaskan, bangunan Pos Kamling ini memiliki filosofi yang dalam, yaitu Pos Kamling yang menjadi jantung desa, karena bangunannya berada tepat di depan Masjid Agung Baitul Faizin, Dusun Gomerto, Desa Watangsono yang menjadi hati desa. “Bila jantung dan hati ini sehat maka semuanya sehat. Bila masjid dan pos kamling makmur, niscaya desa pun akan makmur dan sentosa,” terangnya.

Untuk itu, Bib Zaki memberikan nama untuk Pos Kamling tersebut adalah “Pos Kamling Joglo Gomerto” yang diharapkan menjadi Pos Kamling terbaik di Nusantara karena memiliki bangunan yang unik serta filosofi yang dalam. “Namanya Pos Kamling Joglo Gomerto, yang artinya Nggone Mertobat, Mertombo, Lan Mertopo (tempat bertaubat, berobat, dan bertapa mendekatkan diri dengan Sang Khalik),” tutupnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed