by

Tak Akan Lengah, Lemah Dan Lelah

Rembang, Indonesianews.co.id

Begitulah kira-kira ungkapan dalam kegiatan program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa), “Tak Akan Lengah, Lemah Dan Lelah, karena kegiatan yang terus menerus dan selalu dilaksanakan TNI diberbagai daerah dan sudah merupakan bagian dari program kerja TNI, khususnya di satuan Teritorial Kodim yang Notabene satuan Teritorial yang mempunyai wilayah Kabupaten, dimana dalam setahun TNI melaksanakan program TMMD Sengkuyung dua kali dalam setahun atua per Semester, sedangkan TMMD Reguler perempat tahun sekali.

Kegiatan pokok TMMD selama ini menyasar pada pembangunan Infrastruktur, khususnya di daerah yang terpencil dan terisolir disuatu daerah, bersama dengan pemerintah daerah setempat TNI bekerjasama untuk suatu harapan dengan baiknya Infrastruktur dan mudahnya Akses antara satu Desa dengan Desa lainnya, Akses ke Kota pun juga lancar, sehingga kehidupan dan perekonomian masyarakat pun bisa terangkat dan ada perubahan. Dan hasil dari kegiatan TMMD pun sudah banyak dirasakan oleh warga masyarakat yang kebetulan Desanya pernah menjadi sasaran kegiatan TMMD.

Kali ini Ds. Trembes, Kec. Gunem, Kab. Rembang, mendapatkan giliran menjadi sasaran kegiatan TMMD Reguler ke-112 Kodim 0720/Rembang, dan sudah memasuki hari ke lima setelah acara pembukaan, masih sama seperti TMMD yang lain sasaran utamanya yaitu Infrastruktur jalan berupa jalan Makadam, jembatan, talut, saluran air, Plat beton, Rehab RTLH warga, Masjid, dan Madrasah serta sasaran tambahan berupa kegiatan Non fisik berupa kegiatan penyuluhan-penyuluhan untuk menambah wawasan dan pengetahuan warga masyarakat setempat.

Terlihat Satgas TMMD Reg-112 dari TNI maupun Polri bersama dengan warga setempat yang sedang melaksanakan Karya Bhakti, sedang menata batu untuk pembuatan jalan Makadam yang kurang lebih panjangnya 1.222 meter. Minggu (19-09-2021).

Ditempat lain tepatnya di Posko TMMD Reg-112, Letkol Kav Donan Wahyu Sejati, S. Sos., dan satgas TMMD Reg-112 dan juga Dandim 0720/Rembang yang sedang melaksanakan kunjungan dan melaksanakan pengecekan Administrasi kegiatan TMMD Reg-112 saat kami wawancarai mengatakan, “Setiap Insan TNI doktrin Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI Mutlak dan wajib harus di hafal masing-masing perorangan, demikian pula dalam penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, saat dalam kedinasan maupun dilingkungan masyarakat.

Lebih lanjut satgas menjelaskan, “Program kegiatan TMMD merupakan salah satu contoh pengaplikasian dari 8 Wajib TNI yang lebih Identik hubungan TNI dengan masyarakat, adapun salah satu point yang menjelaskan tentang hal tersebut yaitu point ke delapan “Menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasai kesulitan rakyat sekelilingnya”. (Trisno/Pendim/0720/Rembang).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed