Mengenal Shofia Khumairo, Gadis Kelas 6 MI Hafal Alqur’an 30 Juz

Daerah452 Views

Rembang, Indonesianews.co.id

Gadis kecil ini sangat inspiratif. Di usia yang masih sangat belia, (12) Shofia Khumairo, siswi MIN 1 Rembang telah menyandang gelar sebagai hafidzoh (penghafal Al-qur’an) 30 juz.

Samiah dan Khosidin tak bisa membendung air matanya lantaran putrinya, Shofia Khumairo telah hafal Alqur’an 30 juz pada usia yang sangat dini.

Shofi, demikian gadis kelahiran 11 Agustus 2011 ini akrab disapa, dinyatakan lulus tahfidz 30 juz oleh MIN 1 Rembang pada kegiatan wisuda MIN 1 Rembang, Kamis (13/6/2024).

Atas prestasinya ini, Shofia mendapatkan penghargaan khusus dari Kepala MIN 1 Rembang, Ahmad Fahimi. Selain penghargaan, Shofia juga mendapatkan uang pembinaan dari Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Moh. Mukson dan dari MIN 1 Rembang.
Shofi memang memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

Ia memulai hafalannya sejak kelas 2 MIN 1 Rembang. Dukungan utamanya adalah dari kedua orang tuanya dan pengasuh ponpes Al-Furqon, KH Sulaiman dan istri, tempat di mana Shofia menempa pendidikan Al-qur’an sekaligus menghafalnya.

KH Sulaiman dan istrinya Hy. Hj. Mundasah adalah pengampu tahfidz Alqur’an yang telah menelurkan jawara hafidz/hafidzoh dari tingkat Kabupaten, nasional hingga internasional.

Sebut saja Durrotul Muqofa, Zumrotul Luthfia, Siti Eka Lailatul Fajriyah dan Siti Mas’udah.
Selain ketekunan Shofi, keikhlasan orang tuanya juga menjadi faktor keberhasilannya dalam menuntaskan hafalannya.

Khosidin dan Samiah adalah warga Desa Ringin, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang dan hanya berprofesi sebagai profesi. Namun dengan doa dan dukungan kedua orangtanya yang sungguh-sungguh, menguatkan Shofi untuk mencapai puncak hafalannya dalam usia yang masih 12 tahun.
“Shofi baru mulai menghafal Al-qur’an kelas 2 MI di bawa bimbingan KH Sulaiman. Saya pasrahkan saja sama beliau. Alhamdulillah, sekarang sudah selesai 30 juz,” kata Khosidin penuh haru.

Ibundanya, Samiah juga tak kuasa menahan air matanya, ketika Shofi melantunkan ayat-ayat suci Alqur’an. Ia berharap, semoga hafalan Shofi membawa keberkahan dan mendapatkan ridha Allah SWT.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Moh. Mukson berharap, prestasi Shofia akan bisa menginspirasi murid-murid di madrasah untuk berpacu menghafal Al-qur’an. “Seluruh jajaran madrasah agar bisa meniru Shofia dan bisa bermitra dengan pondok pesantren di sekitarnya,” ucap Mukson.

Kepala MIN 1 Rembang, Ahmad Fahimi mengatakan, sebagian siswa MIN 1 Rembang hafal Alqur’an. Banyaknya juz beragam. “Untuk kelas 6 semuanya sudah hafal juz 30. Karena mengikuti program MI se-kabupaten Rembang, yaitu program Mumtaza (Murid MI tahfidz Juz ‘amma).

Namun sebagian juga sudah hafal beberapa juz. Salah satunya adalah Shofia Khumairo yang sudah khatam 30 juz,” ungkapnya.

(Iqoh/Trisno Aji/Rbg).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *