PBI UMBY Gelar Workshop untuk Guru Kinderstation School Yogyakarta

Daerah750 Views

Bantul, indonesianews.co.id — Guna meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris bagi para siswa, Kinderstation School Yogyakarta mengadakan workshop bertajuk “Effective Written Feedback for English Language Learners”.

Workshop diikuti oleh 60 guru dari berbagai tingkatan, mulai dari TK hingga SMA. Dan workshop ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang pendidikan bahasa Inggris dari Center of Technologhy Enhanced Language Learning (C-TALL) yang merupakan bagian dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (PBI FKIP UMBY).

Seperti yang disampaikan Humas UMBY, Rabu (12/6/2024) disebutkan narasumber kegiatan tersebut adalah Daniel Ari Widhiatama, S.Pd., M.Hum., Heribertus Binawan, S.Pd., M.Pd., Valentina Dyah Arum Sari, S.Pd., M.Hum., Lukas Henggara Nandamai, S.Pd., M.A., dengan dibantu oleh satu mahasiswa PBI UMBY yakni Henri Crisna.
Ditambahkannya, workshop dilaksanakan di Sekolah Dasar Cahaya Bangsa Utama (Kinderstation Primary School) di mana kegiatan ini bertujuan untuk membekali guru-guru Kinderstation School dengan pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan umpan balik tertulis yang efektif bagi para siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris.

“Umpan balik yang efektif sangat penting untuk mengukur dan meningkatkan pemahaman, ketertarikan, dan pengetahuan siswa terhadap topik pembelajaran, sehingga berujung pada capaian pembelajaran yang optimal” terangnya.

Binawan, S.Pd., M.Pd., mengatakan workshop menjelaskan bahwa C-TALL PBI UMBY dalam pelatihan ini tidak hanya menekankan pada aspek struktur kebahasaannya saja, tetapi juga aspek pedagogisnya.

“Umpan balik dalam pembelajaran harus bersifat komunikatif, konkrit, konsisten, tepat waktu, dan berkelanjutan,” jelas Binawan.

Kepala C-TALL PBI UMBY, Daniel Ari Widhiatama, S.Pd., M.Hum., mengungkapkan terima kasih kepada Kinderstation School atas kepercayaan kepada C-TALL dan berharap agar pelatihan ini memberi dampak positif bagi kemampuan guru-guru dalam menuliskan umpan balik sehingga tujuan pembelajaran yang ditargetkan sekolah dapat terpenuhi.

Sementara itu Kepala Divisi Pengembangan SDM Kinderstation School Yogyakarta, Edwina N. Utami, S.E., M.Kes., menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu bentuk implementasi kerjasama (MoU) antara Kinderstation School Yogyakarta dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMBY.

“Sekolah berharap melalui pelatihan ini nantinya guru-guru dapat memberikan umpan balik tertulis dalam Bahasa Inggris dengan lebih tepat dan efektif,” ujar Edwina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *