404 Atlet Panahan 9 Negara Berlaga di Kejuaraan Panahan Gladi Barebow Asia Championship

Olahraga244 Views

Yogyakarta, indonesianews.co.id – Sebanyak 404 atlet Panahan yang berasal dari sembilan negara saling bersaing untuk menunjukan kemampuannya unrtuk menjadi juara dalam Kejuaraan Panahan Gladi Barebow Asia Championship (GBAC) 2024 yang memperebuatkan Piala Danrem 027/Pamungkas.

Kejuaraan Panahan GBAC ini akan digelar pada 17′-19 Mei di Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Dan kejuaraan ini dibuka langsung Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si.

Dalam sambutannya Danrem 072/Pmk mengatakan bahwa Panahan merupakan cabang olahraga yang mempunyai sejarah panjang. Awalnya panahan merupakan alat berburu dan cara mempertahankan hidup, tetapi kini, panahan terdaftar sebagai cabang olahraga yang dilombakan di Olimpiade.

“Sejarah mencatat, medali pertama bangsa Indonesia dalam perlombaan Olimpiade 1988 di Seoul Korea Selatan diperoleh dari cabang olahraga Panahan yaitu dari tiga atlet panahan Kusuma Wardani, Nurfitriyana Saiman, dan Lilies Handayani” ungkapnya.

Lebih lanjut Danrem mengatakan, Kejuaraan panahan ini memperebutkan piala Danrem 072/Pamungkas serta menjadi salah satu wahana mencari bibit-bibit atlet berbakat olahraga panahan yang selanjutnya dapat dibina dan dikembangkan menjadi atlet Nasional maupun Internasional.

“Kami, Korem 072/Pamungkas menaruh perhatian terhadap perkembangan olahraga di tanah air. Olahraga berperan penting dalam membentuk dan memperkuat karakter bangsa, mempererat persatuan, kebhinekaan serta nasionalisme,”tandasnya.

Danrem juga berharap, atlet harus disiplin waktu, berlatih dengan tekun, pantang menyerah dan bekerja keras guna mencapai prestasi terbaik serta selalu menjunjung tinggi sportivitas,”tutup Danrem.

Sementara itu Direktur Waroeng SS Yoyok Hery Wahyono selaku penanggungjawab acara juga berharap kejuaraan ini bisa menjadi pendobrak sehingga Divisi Barebow bisa dipertandingkan hingga level Asia.

“Kami ingin mengemas event ini agar bisa untuk menjadi sesuatu pendobrak bagi olahraga khususnya panahan,”pungkasnya.

Tampak turut hadir dalam pembukaan Kejuaraan Panahan ini yakni Kasrem 072/Pmk Kolonel Inf Hotlan Maratua Gurning, S.I.P., Para Kasi Kasrem 072/Pmk, Dandim 0734/Kota Yka Letkol Inf Devy Kristiono S.E., M.Si., Dan/Ka Balakrem 072/Pmk dan Ketua Umum Pengurus Perpani DIY Pangeran Haryo Kusuma Bimantoro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *