FISIP UI Open Resmi Menjadi Turnamen Swasta Nasional dan Masuk Kalender Nasional PBSI  

Olahraga109 Views

Depok, indonesianews.co.id – Setelah diselenggarakan sebanyak 7 (tujuh) kali, FISIP UI Open tahun ini resmi menjadi turnamen swasta nasional dan masuk ke dalam kalender nasional Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Hal ini menjadikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan turnamen bulutangkis tingkat swasta nasional.

Penetapan FISIP UI Open sebagai turnamen swasta nasional dilakukan secara simbolis dengan penyerahan raket bulutangkis dari Ketua Umum Pengurus Pusat PBSI Agung Firman Sampurna kepada Dekan FISIP UI Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto di Auditorium Juwono Sudarsono, FISIP UI Depok pada puncak acara Dies Natalis FISIP UI ke-56.

Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna  mengatakan, “Menjadi bagian dari kalender PBSI telah mengukuhkan FISIP UI Open sebagai ajang bulutangkis bergengsi yang tidak saja berpotensi melahirkan atlet beprestasi, tetapi juga memperluas kiprah FISIP UI dalam pengembangan olah raga di tanah air.”

Sementara itu, menurut Dekan FISIP UI Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto, “Kami sangat bangga menjadi bagian dari kalender nasional PBSI. Tidak hanya karena PBSI mengapresiasi kesungguhan kami dalam olahraga bulutangkis, namun kami juga secara resmi dapat berkontribusi mengembangkan olahraga bulutangkis nasional dengan mencari bibit-bibit unggul melalui FISIP UI Open.”

Berdasarkan kalender nasional PBSI, FISIP UI Open 2024 akan digelar pada 19-24 Juni 2024 di Balairung dan Gymnasium Universitas Indonesia. FISIP UI Open 2024 diperkirakan akan diikuti oleh lebih dari 1.000 atlet pelajar dari seluruh Indonesia dan akan mempertandingkan 23 nomor pertandingan mulai dari kelompok usia dini (U-11) sampai dewasa, dengan hadiah total uang tunai sebesar 179 Juta Rupiah. Pendaftaran akan dibuka oleh PBSI mulai pertengahan Mei 2024.

Dengan menjadi turnamen swasta nasional, FISIP UI Open akan memiliki sistem poin ranking, di mana atlet yang bertanding berkesempatan memperbaiki rankingnya di tingkat nasional. Penyelenggaraan turnamen ini akan menambah ragam kompetisi olahraga bulutangkis di tanah air.

FISIP UI Open 2024 bertujuan untuk memperkuat peran olahraga dalam lingkungan akademik dan meneguhkan posisi olahraga untuk menunjang perkembangan akademik. Kegiatan FISIP UI Open ini juga sesuai dengan visi dan misi dari FISIP UI untuk menjadi kampus yang unggul di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat nasional maupun internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *