29 Pelamar Capdes Di Kragan, 2 Calon Terpilih dan 27 Lainnya Tereliminasi

Desa106 Views

Rembang, Indonesianews.co.id

Pelaksanaan penjaringan Calon Perangkat Desa (Capdes) di Desa Kragan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Jawa Tengah berjalan aman dan kondusif.

Usai mengikuti tes tulis berbasis komputer (CAT), Praktek Komputer dan Wawancara yang diselenggarakan STIE Total Win Semarang Kamis (7/12/2023). Seluruh pelamar Capdes hadir di Balai Desa setempat untuk menerima pengumuman hasil tes yang digelar Panitia Penjaringan Perangkat Desa Jum’at 8/12/2023.

Nilai yang diperoleh Capdes merupakan hasil penilaian akumulasi meliputi ; Nilai ujian tertulis (CAT), Nilai Praktek, Nilai Wawancara, Nilai ijazah, Nilai Domisili dan Nilai Pengabdian.

Berdasarkan nilai akumulasi tersebut dari 29 Pelamar Capdes terpilih 2 Calon yang menempati posisi peringkat pertama Gurmito Bayu Putranto, ST memperoleh nilai 98,5. Sedangkan yang berada diperingkat ke dua Siti Nur Asiyah Jamil, S.Pd memperoleh nilai 95,1.

Kemudian keduanya ditetapkan sebagai perangkat desa untuk mengisi kekosongan jabatan Kasi Pemerintahan dan Kasi Kesejahteraan.

Ketua panitia rekrutmen pelaksanaan calon perangkat desa, Marno mengatakan, bahwa sejumlah 29 pelamar calon perangkat desa di Desa Kragan hadir semua menjalankan tes di Semarang. Sedangkan formasi perangkat desa hanya ada dua perangkat desa yang mengalami kekosongan.

“Pengumuman hasil seleksi nilai tertinggi satu dan nilai tertinggi dua dan seterusnya. kemudian hasil berikutnya saya serahkan ke kepala desa. Dua calon yang terpilih yaitu bernama Gurmito Bayu Putranto, ST mendapat nilai 98,5 dan Siti Nur Asiyah Jamil, S.Pd mendapat nilai 95,1,” jelasnya.

Salah satu calon perangkat desa terpilih dengan nilai tertinggi kedua. Siti Nur Asiyah Jamil, saat di temui wartawan mengatakan bahwa dirinya akan tetap mengikuti apa yang menjadi kesepakatan yang ada di Desa Kragan.

“Saya tetap manut apa yang menjadi kesepakatan yang ada di Desa Kragan, sesuai kesepakatan bersama di kantor kepala desa,” katanya.

Kepala Desa Kragan Moch. Khumaidi saat di tanya pelaksanaan pemilihan perangkat desa di desanya, sangat puas dan sangat memuaskan serta berjalan lancar dan aman.

“Pelaksanaan pemilihan perangkat desa di desa Kragan berjalan sangat puas dan memuaskan. Karena netralitas pemerintahan desa netral. Tidak ada komplain dan kondusif,” tegas Kades Kragan.

Selain itu, dia berharap kepada bagi yang menang terpilih menjadi perangkat desa Kragan, harus menjalankan tugas yang bertanggung jawab. Bagi yang kalah harus sabar dan tawakal.

“Bagi yang menang mengikuti prosedur pemerintahan desa Kragan dengan menjalankan tugas penuh tanggung jawab. Bagi yang kalah harus sabar, dan tawakal,” tegas Khumaidi yang juga menjabat Ketua Paguyuban Kepala Desa se Kecamatan Kragan itu.

Sementara itu, di tempat yang sama, Camat Kragan Nurwanto mengatakan bahwa, “Hari ini tgl 8 Desember 2023, itu jadwal pengumuman hasil seleksi. Alhamdulillah ini sesuai jadwal desa Kragan sudah memulai. Desa- desa yang lain sudah di laksanakan perhari ini,” katanya.

Menurut camat Kragan, tadi malam yang langsung diumumkan yaitu desa Narukan. Jadi, setelah pulang dari seleksi, di kumpulkan semuanya oleh panitia, kemudian di umumkan tadi malam.

“Harapannya tentu yang nilainya tertinggi, bisa menjaga dan melaksanakan amanah yang nanti akan di emban sebagai perangkat desa,” tandasnya.

Menurut camat, bagi yang nilai ada di bawah juga ikut mengawasi kinerjanya. Mengawasi kinerja bagi yang nilainya tertinggi, agar dalam pelaksanaan tugas dan amanahnya itu di laksanakan dengan baik.

Saat di tanya kapan di rencanakan pelantikan, camat mengatakan bahwa , nanti sesuai tahapannya, itu setelah panitia melaporkan kepada kepala desa, di terima oleh kepala desa, kepala desa kemudian melaporkan kepada panwas, untuk memperoleh rekomendasi.

“Maksimal itu tujuh hari, ketika rekomendasinya sudah kami berikan, dan kepala desa menetapkan dalam surat keputusan pengangkatan. Pada saat itu juga nanti akan di lakukan sumpah janji dan pelantikan,” tegas Nurwanto.(Trisno, Sus, Azis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *