Pengabdian pada Masyarakat (P2M) Balai Kota Pemerintahan DKI Jakarta

Pendidikan27 views

Jakarta, Indonesianews.co.id

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Universitas Negeri Jakarta dalam upaya peningkatan kegiatan Pengabdian Masyarakat.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang diwakili oleh Ibu Ratu Rante Allo selaku Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, mengatakan bahwa Bazar Bulanan Jakpreneur ini bertujuan meningkatkan pemasaran produk dan pembentukan jejaring Jakpreneur.

“Selain itu, mendorong promosi produk-produk UMKM sehingga terjalin kemitraan antara Jakarta Entrepreneur beserta para stakeholders dengan prinsip saling menguntungkan,” Katanya.

Kegiatan Bazar dilaksanakan di Balai Kota DKI Jakarta ini dilaksanakan pada 2 Oktober hingga 5 Oktober 2023.

Workshop dengan tema “Digital Marketing untuk UMKM” yang merupakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) Program Studi Doktor (S3) Ilmu Manajemen UNJ pada konsentrasi Marketing bertujuan untuk meningkatkan semangat berwirausaha pada para pelaku UMKM di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pelaksanaan P2M tersebut telah dimulai dengan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Sebelum pelaksanaan kegiatan panitiatelah menyiapkan beberapa hal seperti membuat surat izin pelaksanaan kegiatan, merancang materi, menyiapkan modul dan mempersiapkan peserta UMKM yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menghadiri kegiatan.

Kegiatan P2M ini dihadiri oleh Kepala Dinas PPUKM DKI JAKARTA yakni Ibu Rante Allo dan para Pelaku UMKM di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Selaku pihak yang melaksanakan kegiatan P2M hadir pula mahasiswa Universitas Negeri Jakarta pada Program Doktor Ilmu Manajemen Konsentrasi Marketing yang terdiri dari Ghassani Herstanti, Indrasakti Agung Nugroho, Risky Rahmawati Pinardi, Gabelas Makmur Simamora, Ahmad Nuh, Kurnia Budhy Scorita, dan Agus Putra.

Registrasi pengisian daftar hadir peserta dimulai pada pukul 08.00 — 09.45 WIB. Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan pemberian kata sambutan oleh Ibu Ratu Rante Allo selaku Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta sebagai perwakilan Pemerintah provinsi DKI Jakarta yang terlebih dahulu memperkenalkan diri dan memberikan informasi mengenai pertumbuhan UMKM di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yang kemudian dilanjutkan oleh Gabelas Makmur Simamora dan Indrasakti Agung Nugroho selaku narasumber yang mempresentasikan beberapa hal terkait Digital Marketing terhadap pelaku UMKM di Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta.

Selanjutnya pada pukul 10.30 dilanjutkan dengan interaksi tanya jawab oleh narasumber dengan pelaku UMKM yang sangat antusias dalam proses penyampaian materi. Adapun beberapa materi yang disampaikan pada pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yakni: a. Program Digitalisasi UMKM Bank Indonesia, b. Langkah dalam menentukan platform digital marketing, c. Platform popular dalam Pemasaran, d. E-commerce, e. UMKM sebagai motor penggerak perekonomian nasional, f. Kredit yang disalurkan oleh Bank. Kegiatan tersebut berlangsung hingga pukul 11.00 WIB. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *