Menguak, Aksi Trengginas Aparat TNI di Lembah Manah

TNI & Polri890 Views

Rembang, Indonesianews.co.id

Puluhan aparat TNI Markas Koramil 08 Sluke mempelopori aksi penanaman pohon, pengecoran jalan dan penyediaan warung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Wana Wisata Desa Lembah Manah di Desa Sanetan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang Jawa Tengah.

Aksi tersebut menyulut semangat warga setempat. Pasalnya, bersama puluhan warga, aparat TNI menggalang aksi penanaman 12. 500 pohon jenis buah – buahan dan tanaman keras di areal seluas sekitar 6 hektar di kawasan wisata desa Lembah Manah di Lereng Gunung Klampit.

Selain itu, guna mendukung kelancaran akses jalan bagi pengunjung wisata, TNI bersama warga juga melakukan pengecoran akses jalan sepanjang 200 meter menuju kawasan wisata.

Saat ini, aparat TNI dibantu warga tengah menyiapkan sejumlah warung UMKM yang menyediakan aneka makanan dan minuman yang dibutuhkan bagi pengunjung wisata. Di samping itu, juga diharapkan dapat membuka lapangan usaha kuliner bagi warga desa setempat.

Sejak diresmikan bulan April 2022 lalu, pengelola Wisata Desa Lembah Manah yang dimotori Karangtaruna Desa, terus menjalin komunikasi dan kerjasama dengan sejumlah pihak. Salah satunya dengan aparat TNI Markas Koramil 08 Sluke guna membantu kelancaran pembukaan wisata desa yang saat ini tengah berkembang.

Berbagai even – even kerapkali digelar untuk memperkenalkan desa wisata ini seperti jambore karangtaruna, pergelaran seni budaya wayang kulit. Bahkan pengelola telah mempersiapkan acara Jambore ke VII Komunitas Yamaha DT yang akan digelar 24 September 2023 mendatang yang akan dihadiri sekitar 450 peserta.

Danramil Koramil Sluke Kapten CBA Yuli Eko Triono mengatakan wisata desa di Lembah Manah tersebut diharapkan bisa mengangkat ekonomi masyarakat desa setempat.
Pihaknya bersama Anggota TNI berperan membantu perbaikan jalan yang kurang bagus karena jalan sebagai akses utama agar pengunjung bisa nyaman dan tertarik berkunjung ke lokasi wisata.
“Kami bersama warga menanam12.500 bibit pohon juga mengadakan even – even yang melibatkan Forkompinda. Bahkan, sekarang kami membuat UMKM kecil – kecilan agar bisa membantu ekonomi masyarakat,” Pungkasnya. (Trisno/Aziz/Rbg).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *