Terapkan Program Anti Black Out, PLN Siap Jaga Pasokan Listrik Berlapis Jelang KTT ASEAN 2023

Nasional13 views

Jakarta, Indonesianews.co.id 

Perhelatan besar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) digelar di Jakarta pada 05 – 07 September 2023. Indonesia kembali menjadi tuan rumah pegelaran event internasional setelah sukses mengadakan KTT 2022 di Bali.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan PLN siap sukseskan gelaran KTT ASEAN ke-43. Darmawan memastikan keadalan pasokan listrik infrastruktur diperkuat dari hulu sampai hilir dan sistem kelistrikan diperkokoh melalui skema keamanan berlapis.

“Biasanya untuk event seperti ini persiapannya berbulan-bulan, namun dengan pengalaman yang kami miliki, persiapan di KTT ASEAN ini hanya kurang dari satu bulan. Kami memberlakukan masa siaga kelistrikan sejak 25 Agustus hingga 7 September 2023 dengan memastikan sistem pembangkitan, transmisi dan distribusi, hingga seluruh personel siap untuk menyukseskan KTT ini,” Ungkap Darmawan.

Sejalan dengan arahan yang disampaikan oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo pada Apel Siaga KTT ASEAN 2023 di Istora GBK Kamis (31/8) General Manager PLN UIP2B JAMALI, Munawwar Furqan, menyampaikan strategi yang ada di Unit Induk Pusat Pengatur Beban Jawa, Madura, dan Bali, khususnya UP2B DKI Jakarta dan Banten.

“Sebagai wujud nyata kami siap menjaga kemanan dan ketahanan kelistrikan untuk KTT ASEAN. Berbagai simulasi telah dilaksanakan seperti Uji Blackstart dan Line Charging. Kami juga meningkatkan kesiapan unit pembangkit & IBT untuk mendukung sekuriti pasokan daya di seluruh Sub Sistem, khususnya Sub Sistem yang menjadi lokasi pasokan event,” ungkap Munawwar

Strategi Operasi lainnya yang disiapkan oleh PLN UP2B DKI Jakarta dan Banten ialah meniadakan pekerjaan yang sifatnya terencana dan memerlukan pemadaman di GI pemasok event serta di ruas jalur terkait yang berpotensi menimbulkan kerawanan ke GI pemasok event.

Demi memastikan supply kelistrikan andal dan kokoh PLN secara khusus membangun Electricity Control Center sebagai pusat komando terintegrasi yang dimonitor 24 jam nonstop. Control Center akan dimanuver oleh Dispatcher UP2B DKI Jakarta dan Banten berkolaborasi dengan Dispatcher UP2D UID Jakarta Raya untuk mengamankan jalannya event KTT ASEAN.

Munawwar menyampaikan bahwa dalam masa siaga ini, PLN UIP2B JAMALI akan terus melakukan sinergi dengan berbagai macam stakeholder terkait dan juga antar unit PLN lain. Dengan sinergi dan kerja sama tersebut diharapkan akan memperlancar pencapaian tujuan yaitu menjaga venue KTT ASEAN dan fasilitas di sekitar aman tanpa padam.

“Dalam mencapai tujuan untuk menjaga pasokan listrik KTT ASEAN 2023, diperlukan kolaborasi kerjasama antar unit PLN serta stakeholder terkait. PLN UIP2B JAMALI juga akan melakukan sinergi kepada stakeholder terkait dan unit PLN lain. Sinergi ini diharapkan dapat menciptakan energi yang harmonis dan produktif untuk mencapai keberhasilan pencapaian tujuan bersama yaitu melancarkan event KTT ASEAN 2023.” tutup Munawwar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *