PB Ferkushi Gelar Kejurnas Sekaligus Babak Kualifikasi PON XXI 2024 Aceh-Sumut di Padepokan Pencak Silat TMII

Olahraga28 Views

Jakarta, Indonesianews.co.id 

Pengurus Besar Federasi Kurash Indonesia (PB Ferkushi) mengelar Kejuaraan Nasional sekaligus Babak Kualifikasi Pon XXI 2024 Aceh – Sumut di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Kejuaraan diselenggarakan mulai tanggal 27 – 30 Juli 2023 diikuti oleh 23 Provinsi seluruh Indonesia. Cabang Olahraga Kurash merupakan salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumut pada Tahun 2024 mendatang.

Kurash adalah salah satu jenis olahraga bela diri tradisional yang berasal dari Uzbekistan. Kurash memiliki gerakan dasar saling membanting dengan mengaitkan baju khusus. Gerakan dasar olahraga ini menyerupai olahraga bela diri Gulat dan olahraga bela diri Judo, hanya saja dalam Kurash kondisi bantingan berada dalam posisi berdiri pada kaitan atas, tidak diperkenankan menggunakan kaitan pada kaki.

Olahraga Kurash sendiri masuk ke Indonesia sejak Tahun 2016 yang dibawa oleh Wide Putra Ananda, SE., MH, yang sekarang ini menjabat sebagai Sekjen.
PB Kurash Indonesia mulai bangkit dan berbenah. Salah satunya adalah adanya dengan melakukan perombakan dalam organisasi, dengan diadakan perubahan nama organisasi dari PBKI menjadi PB FERKUSHI pada awal tahun 2019.

Sesuai dengan Surat Keputusan Munaslub Nomor : 03/SKEP/PB.KI/MUNASLUB/I/2019, tentang Perubahan Nama Organisasi PBKI menjadi Pengurus Besar Federasi Kurash Indonesia disingkat (PB FERKUSHI). Sebagai Ketua Umum, terpilih mantan Pangdam Iskandar Muda Aceh, yaitu Mayjen TNI (Purn) Abdul Hafil Fuddin, S.H., S.I.P., M.H., menggantikan Ketua Umum sebelumnya H. Teuku Riefky Harsya, M.T.

Setelah terpilih menjadi Ketua Umum PB FERKUSHI periode 2019-2023, Mayjen TNI (Purn) Abdul Hafil Fuddin, S.H., S.I.P., M.H., langsung bergerak cepat dengan melakukan pembenahan dan pembinaan organisasi serta peningkatan kinerja dalam kepengurusan. Dalam waktu yang singkat PB FERKUSHI sudah dapat melaksanakan beberapa agenda-agenda penting.

Seperti Kejurnas Kurash untuk seleksi atlet nasional dan berpartisipasi dalam Sea Games 2019 di Manila. Dalam ajang Sea Games XXX-2019 Manila tersebut, meskipun dengan waktu persiapan yang tergolong singkat, Atlet Kurash Indonesia berhasil meraih tiga medali perak dan tiga medali perunggu.

Di bawah kepemimpinan Ketua Umum Federasi Kurash Indonesia Mayjen TNI (Purn) Abdul Hafil Fuddin, S.H., S.I.P., M.H. yang didampingi oleh Brigjen TNI Asep Warsito (Ketua Harian) dan Lukman Husain (Sekjen), olahraga Kurash semakin berkembang dengan pesat. Kepengurusan provinsi terus bertambah hingga 23 Kepengurusan Provinsi, dan ditargetkan tahun 2022 seluruh provinsi di Indonesia sudah ada kepengurusan Ferkushi.

Selain itu, pada tahun 2021, Pengurus Besar Ferkushi yang diketuai Mayjen TNI (Purn) Abdul Hafil Fuddin, S.H., S.I.P., M.H. juga berhasil melaksanakan Eksibisi cabang olahraga Kurash pada PON XX 2021 Papua dengan sukses. Eksibisi diikuti oleh hampir 250 atlet yang berasal dari perwakilan provinsi di Indonesia.

Saat ini, dibawah kepemimpinan Mayjen TNI (Purn) Abdul Hafil Fuddin, S.H., S.I.P., M.H, PB Kurash kembali menyelenggarakan Kejuaraan Nasional sekaligus Babak Kualifikasi Pon XXI 2024 Aceh-Sumut. Ajang kejurnas ini menjadi ajang pembuktian prestasi para atlet Kurash dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia untuk persiapan mengikuti PON XXI 2024 Aceh-Sumut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *