Upacara Spiritual Thudong (Berjalan Kaki Dari Thailand Menuju Candi Brobudur) Diharap Sampai & Sukses Pada Awal Juni 2023

Daerah162 Views

Magelang, Indonesianews.co.id

Sejumlah Bhikkhu dan pengikutnya yang berjalan dari Thailand menuju Candi Brobudur, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah sejak 25 Maret 2023 yang diperkirakan sampai ke tujuan pada 2 Juni 2023, sudah sampai Jakarta pada 8 Mei 2023 dan akan terus berjalan melalalui Karawang menuju Candi Brobudur di Muntilan, Magelang Jawa Tengah.

Upacara spiritual Thudong yang dilakukan para Bhikkhu dari Thailand menuju Candi Brobudur ini dilakukan dengan berjalan kaki dari Thailand lewat Malaysia, Singapura, Batam dan Jakarta terus akan berjalan kaki menuju Candi Brobudur di Muntilan, Magelang.

Artinya, arah untuk menjadikan Candi Brobudur sebagai pusat spiritual umat Budha sedunia semakin nyata hingga tidak dikerdilkan sekelas wisata budaya yang tidak punyai nilai spiritual.

Upacara Thudong dengan cara berjalan kaki ini dari Thailand ke Indonesia merupakan kejadian langka yang dilakukan oleh Bhikkhu yang akan diikuti oleh Bhikkhu dari berbagai negara dan tempat yang ada di Indonesia.

Para pelaku dan pengamat kebudayaan pun memberi apresiasi yang terhormat pada upacara yang langka ini bisa berlangsung dan berpusat di Indonesia.

Jadi upaya memasuki Indonesia melalui Batam dan menginap semalam di Asrama Haji Batam, ini merupakan kehormatan bagi Pemko Batam dan penghormatan bagi para Bhikkhu untuk menginap di Asrama Haji Batam.

Jalinan antara spiritual dan budaya ini sungguh luar biasa — tak hanya sekedar toleransi, tetapi juga ikatan pergaulan serta tata ikatan persaudaraan antar bangsa dan antar agama sudah terjalin sedemikian rupa akrab penuh rasa persaudaraan dan kekeluargaan.

Setibanya di Batam pada 7 Mei 2023. Setelah menginap semalam di Asrama Haji Batam, peserta upacara Thudong ini akan berangkat ke Jakarta pada 8 Mei 2023 dan langsung berjalan lewat Bekasi menuju Karawang.

Informasi dari Ki. Ontonogiredjo, mengungkapkan para Bhikkhu yang berjalan kaki ini akan disambut dan bermalam di kediaman Sayid Ali Al Balawi di Karawang.

Dari Karawang rombongan perjalanan Bhikkhu akan diteruskan ke Subang, Indramayu hingga Cirebon dan bermalam di Markas Lasykar Macan Ali, Cirebon pimpinan Ki. Ontonogoredjo

Kemudian esoknya akan para Bhudis ini akan meneruskan perjalanan melalui Brebes, Tegal dan Pekalongan.

Setibanya peserta upacara Thudong di Pekalongan ini, rombongan para Bhikkhu akan disambut oleh Habib Bana, Habib Luthfi untuk kemudian meneruskan perjalanan menuju Semarang terus ke Magelang. Dan Lasykar Macan Ali telah memberikan pengawalan penuh pada pelaksanaan upacara Thudong ini mulai dari awal perjalanan hingga berakhir di Candi Brobudur, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *