Berburu Sertifikat, Puluhan Peserta Didik Paket C Mengikuti Ujian Kesetaraan

Daerah12100 Views

Rembang, Indonesianews.co.id

Puluhan peserta didik Kejar Paket C binaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Budi Utomo Desa Sendangmulyo Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang mengikuti Ujian Satuan Pendidikan (USP) Kesetaraan tahun ajaran 2022/2023.

Ujian berlangsung selama 3 hari dimulai 29 hingga 31 April 2023 lalu. Kali ini 83 peserta didik Paket C setara SMA mengerjakan soal -soal berbasis kertas untuk 12 mata pelajaran yang diujikan.

“USP Kesetaraan merupakan tahapan yang harus diikuti oleh peserta didik. Mengingat nilainya juga digunakan untuk menentukan kelulusan,” kata Sutrisno SE. Kepala PKBM Budi Utomo Desa Sendangmulyo Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang.

Di samping itu siswa juga akan mengikuti Uji Kesetaraan (UK) Berbasis Komputer sistem online dan semi daring yang direncanakan akan berlangsung 13 – 14 Mei 2023 mendatang.

“Ujian ini berbasis komputer one line dan semi daring hukumnya wajib dan harus diikuti oleh peserta didik karena juga menentukan kelulusan,” tandasnya.

Ia menambahkan UK itu merupakan program Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi sebagai barometer atau ukuran kompetensi bagi lulusan kesetaraan yang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi (PT) dan lulusan kesetaraan yang akan melanjutkan ke sekolah formal bahkan kompetensi memasuki dunia kerja.

Salah satu peserta didik kesetaraan Paket C Kelas XII Dinda Naura Anis Safitri mengungkapkan bersyukur dapat belajar melalui program kesetaraan. Dinda yang sebelumnya mengalami ketertinggalan bidang pendidikan setingkat SMA kini berkat ketekunannya mengikuti pembelajaran Ia akan lulus dan berijazah setingkat SMA meski melalui jalur pendidikan non formal (PNF).
“Disini bisa belajar sambil bekerja dan bisa juga belajar di Pesantren. Sehingga bisa menempuh ilmu agama juga,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Drs.Sutrisno, M.Pd. melalui Plt Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Agus Buharwoto, M.Pd. mengungkapkan penentuan kelulusan pendidikan kesetaraan program Paket A (Setara SD) Paket B (Setara SMP) dan Paket C (Setara SMA) tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Lembaga dalam hal ini PKBM di samping menyelenggaran Ujian Sekolah ada Ujian Kesetaraan (UK) Berbasis Komputer.
“Ujian kesetaraan ini berbasis online program Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yang wajib diikuti peserta didik dari semua tingkatan program pendidikan kesetaraan Paket A, Paket B dan Paket C,” ungkapnya.

Ia menyebut UK itu sebagai ukuran kompetensi bagi lulusan kesetaraan yang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi (PT) bagi lulusan kesetaraan yang ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah formal.
“Saat ini masing – masing lembaga PKBM sudah mempersiapkan untuk menyelenggarakan UK yang akan digelar 13 hingg 14 Mei 2023 mendatang,” jelasnya.

Agus menambahkan peserta UK yang memenuhi standar kompetensi akan mendapatkan sertifikat. Sedangkan yang belum memenuhi standar kompetensi mendapat surat keterangan Kepala Bidang PAUD dan Dikmas.

Ketua Forum Komunikasi PKBM Kabupaten Rembang Ahmad Arifin SE. S.kom kepada media Indonesia news menjelaskan saat ini terdapat 17 Satuan Pendidikan yang akan mengikuti UK. Rinciannya 16 PKBM dan 1 SKB
Ia menyebut persiapan masing – masing satuan pendidikan tersebut mencapai 90 %.
“Hanya saja memang ketersediaan sarana pendukung khususnya komputer beberapa lembaga mengalami kesulitan sehingga harus menumpang ke sekolah formal,” tandasnya.
Berdasarkan data yang di realis dari FK. PKBM Kabupaten Rembang pendaftar UK tercatat 792 rinciannya paket A Setara SD 20, Paket B Setara SMP140 dan Paket C Setara SMA 632 pendaftar (Trisno/Rbg).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *