Universitas Mercu Buana Berkomitmen Melaksanakan Program MBKM

Metropolitan30 Views

Jakarta, Indonesianews.co.id 

Universitas Mercu Buana (UMB) berkomitmen penuh terhadap program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU). Komitmen tersebut terlihat dalam acara Closing Ceremony MBKM Gasal 2022/2023, Opening Ceremony Genap 2022/2023, Launching Aplikasi ISS-MBKM dan Pembekalan MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) Batch 4 yang digelar pada Kamis (16/03) di kampus UMB Meruya, Jakarta Barat.

Kegiatan ini dibuka Rektor Universitas Mercu Bauan, Prof. Dr. Andi Adriansyah, M.Eng dengan didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Pembelajaran, Dr. Harwikarya, M.T dan Wakil rektor Bidang Sumber Daya, Rizki Briandana, S.Sos., M.Comn., Ph.D.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Mercu Buana menyambut baik adanya program pemerintah melalui aplikasi ISS-MBKM. “Di era digital ini, diharapkan adanya aplikasi ISS-MBKM dapat membantu mahasiswa dan dosen agar semakin semangat melakukan program MBKM. Untuk mahasiswa yang lolos MSIB batch 4, diharapkan dapat menyerap ilmu sebaik-baiknya di dunia industry. UMB telah berhasil melakukan kegiatan MBKM dengan baik, dengan adanya kenaikan jumlah mahasiswa yang mengikuti dari tiap semester,” terang Andi.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Rizki Briandana, S.Sos., M.Comn., Ph.D, selaku penanggung jawab “Aplikasi ISS-MBKM yang merupakan hibah PKKM dari DIKTI, memberikan arahannya. “Dengan adanya aplikasi ini nantinya akan memudahkan mahasiswa dan dosen untuk kegiatan MBKM, mulai dari keperluan administrasi hingga pengisian aktivitas mahasiswa. Selain itu, UMB juga menyiapkan dana pendamping MBKM yang dalam hal ini dapat manfaatkan oleh mahasiswa untuk berkegiatan diluar kampus selama 3 semester,” kata Rizki.

Aplikasi ISS-MBKM merupakan luaran dari hibah yang diberikan oleh Kemendikbudristek melalui DIKTI, yang sudah dapat digunakan mahasiswa dalam melakukan kegiatan MBKM, antara lain pendaftaran, log book sampai konversi sudah dapat diakomodir melalui aplikasi ini.
Dalam kesempatan tersebut Rizki juga mempertegas komitmen UMB dalam melaksanakan seluruh program pemerintah terkait MBKM. “UMB berkomitmen penuh dalam menjalankan amanah Pemerintah melalui kegiatan MBKM dan juga dalam pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU) dalam kaitannya dengan capaian pembelajaran dan akreditasi. Sehingga kegiatan opening, closing dan sosialisasi ini merupakan kegiatan penting yang nanti nya dapat meningkatkan animo mahasiswa untuk mengikuti kegiatan MBKM baik yang flagship maupun mandiri,” kata Rizki.

Rangkaian acara kegitan merupakan bentuk apresiasi bagi mahasiswa peserta MBKM semester Gasal 2022/2023 dan sekaligus menyambut mahasiswa MBKM di Semester Genap 2022/2023. Acara ini juga diisi dengan pembekalan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 4. Kegiatan ini dilakukan untuk memberi pengetahuan bagi mahasiswa yang lolos MSIB mengenai keunggulan mengikuti program dan Prodi mengenai konversi sks mahasiswa yang lolos MSIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *