ITL Trisakti Menggelar Industrial Gathering Bersama 72 CEO Untuk Membangun SDM Tangguh

Nasional188 Views

Jakarta, Indonesianews.co.id 

Bidang Kerjasama ITL Trisakti menggelar pertemuan bersama para pimpinan perusahaan dan institusi pemerintahan yang telah melakukan kerja sama dalam lingkup Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini mengangkat tema “Competition makes us faster and collaboration makes us better”, sebanyak 72 pimpinan perusahaan transportasi, logistik turut hadir berpartisipasi.

Peserta yang hadir dalam kegiatan gathering kali ini sekitar 150 orang yang terdiri dari 72 pimpinan perusahaan, HR Department. Sebagai tuan rumah Rektor didampingi bersama para Wakil Rektor, para Direktur, Dekan dan Kaprodi, di ITL Trisakti.

Kegiatan dibuka oleh Rektor ITL Trisakti Dr. Tjuk Sukardiman. Dalam sambutannya Rektor menyampaikan ucapan terima kasih kepada 72 pimpinan perusahaan yang hadir.
“Kegiatan ini merupakan bentuk dari kolaborasi pentahelix yang terus kami bangun dan bagian dari visi kami menjadi the world class and entrepreneurship university,” pungkas Rektor ITL Trisakti Dr. Tjuk Sukardiman dalam sambutannya.

Turut hadir dalam kegiatan industrial gathering, Ketua Senat ITL Trisakti Asep Suparman, MM yang juga selaku Direktur Komersil PT. Atosim Lampung Pelayaran.

“Sungguh saya sangat mendukung dan mengapresiasi dengan adanya kegiatan gathering ini, dan berharap kemitraan ini terus berkembang dalam banyak hal dan menghasilkan kolaborasi yang semakin baik. Terbukti ITL Trisakti sudah mampu menjalin hubungan baik dengan mitra industri maupun pemerintahan, ini harus terus ditingkatkan untuk menjaga kualitas institusi. Selain itu saya juga bangga melihat alumni ITL Trisakti sudah menduduki jabatan strategis sebagai CEO di BUMN, perusahaan multi nasional, khususnya di bidang Transportasi dan Logistik,” ucap Asep Suparman.

Pada kesempatan acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman bersama ITL Trisakti dengan dua perusahaan yaitu; PT. IPC Terminal Petikemas yang dihadiri langsung oleh David Pandapotan Sirait selaku direktur utama PT. IPC Terminal Petikemas dan Boedi Suharto selaku direktur utama PT. Aero Globe Indonesia.

Kegiatan industrial gathering diisi dengan sharing session untuk keberlanjutan kerjasama dan pendidikan yang disampaikan oleh Wakil Rektor IV bidang Pemasaran, Kerja Sama dan Komunikasi Publik Dr. Juliater Simarmata.

Dalam paparannya Warek IV menyampaikan pentingya keberlanjutan kerja sama ITL Trisakti dengan industri sebagai bentuk nyata dan komitmen lembaga untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pada bidang transportasi dan logistik.

“ITL Trisakti terus berkomitmen menjaga hubungan baik dengan mitra industri. Kami sangat mengapresiasi apa yang sudah terjalin selama ini. Untuk itu, sebagai wujudnya kami mengundang para CEO perusahaan yang selama ini telah membantu dan saling bekerjasama diberikan penghargaan meski penghargaan yang kami berikan tidaklah sebesar apa yang telah perusahaan berikan kepada ITL Trisakti,” ungkap Juliater dalam paparannya.

Penghargaan yang diberikan kepada perusahaan terbagi menjadi enam kategori yaitu;
Katergori 1. Perusahaan penerima PKL dan atau magang
Katergori 2. Perusahaan penerima karyawan dari alumni ITL / talent acquisition
Katergori 3. Perusahaan pemberi beasiswa kepada mahasiswa-mahasiswi ITL
Katergori 4. Perusahaan dengan peserta studi lanjut ke ITL
Katergori 5. Perusahaan penerima kunjungan industri
Katergori 6. Perusahaan yang berkontribusi pada penelitian

Kategori tersebut disusun berdasarkan keaktifan bentuk kerja sama yang selama ini telah dilakukan antara ITL Trisakti dengan perusahaan. Sedangkan pemberian penghargaan ini telah melalui evaluasi dari semua partner yang telah menjalin kerja sama dengan memperhatikan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam kesempatan ini, dilakukan pula pemberian beasiswa studi lanjut ke D3 Vokasi dan S1 untuk 1 karyawan dari 3 perusahaan partner yang hadir. Adapun daftar perusahaan sebagai berikut:
1. PT. DSV Solution Indonesia – Agility Indonesia
2. PT. Lastana Express Indonesia (Lazada Logistics)
3. PT. ATT Group
“Salah satu bukti kepercayaan industri kepada ITL Trisakti adalah pemberian kesempatan lanjut studi karyawan dalam bentuk beasiswa ke prodi vokasi D.3 dan sarjana S.1. Kami berharap hal ini dapat menjadi percontohan bagi teman-teman dari perusahaan untuk dapat memberikan kesempatan studi bagi karyawannya sebagai bentuk peningkatan kualitas SDM,” ucap Warek IV Juliater Simarmata.

“Selain itu dalam kesempatan ini ITL Trisakti juga memberikan kesempatan bagi perusahaan parner baik perorangan maupun kelompok yang ingin melanjutkan studi akan mendapatkan penawaran khusus dalam bentuk potongan biaya pendidikan hingga beasiswa,” imbuh beliau.

Pada kesempatan acara tersebut perwakilan CEO juga turut menyampaikan testimoni mengenai kerjasama yang selama ini terjalin dengan ITL Trisakti, dimana yang menyampaikan adalah ;
1. Direktur Utama PT. IPC Terminal Petikemas – David Pandapotan Sirait
2. Direktur Angkutan Penumpang PT. PELNI (Persero) – Yahya Kuncoro
3. HR People and Development PT DSV Solutions Indonesia – Wildan Indrawan

Secara umum perwakilan CEO sangat senang dan bangga atas penyelenggaraan industri gathering ini, dan berharap pencapaian yang telah dilakukan ITL Trisakti terus dilakukan untuk menjaga kualitas pendidikan yang link-up dengan perusahaan dalam pemenuhan SDM yang berkualitas.

“Saya sangat senang berada di sini dan mendapatkan penghargaan dari ITL Trisakti yang selama ini berkomitmen mambangun pendidikan yang berkualitas di bidang transportasi dan logistik, semoga kegiatan ini dapat dilanjutkan dan dijaga dengan sebaik-baiknya” pungkas Dirut IPC Terminal Petikemas David Pandapotan Sirait.

“Saya mewakili manajemen perusahaan maupun pribadi sangat berterima kasih dan bersyukur bahwa ITL Trisakti begitu peduli terhadap pengembangan pendidikan melalui kegiatan kolaborasi yang dikemas dalam pemberian penghargaan kepada mitra kerja. Semoga ITL Trisakti terus berkembang dalam menghasilkan SDM transportasi dan logistik yang tangguh dan terpercaya,” sebut Yahya Kuncoro selaku Direktur Angkutan Penumpang PT. PELNI (Persero).

“Secara pribadi dan mewakili manajemen perusahaan, saya ucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada kami selaku mitra ITL Trisakti. Kami akan mendukung setiap upaya yang dilakukan oleh ITL Trisakti dalam pengembangan SDM dan keilmuan yang berkualitas,” ucap Wildan selaku HR People and Development PT DSV Solutions Indonesia.

Dikonfirmasi pelaksana kegiatan ini Nursery Alfaridy Nasution selaku Kepala Bidang Kerja Sama menyatakan bahwa kegiatan industrial gathering ini adalah bagian dari tanggung jawab ITL Trisakti kepada masyarakat dan bagian dari pada penilaian kinerja suatu perguruan tinggi.

“ITL Trisakti secara berkelanjutan akan menyelenggaran kegiatan pertemuan seperti ini. Selaian sebagai bentuk apresiasi apa yang telah dilaksanakan dengan para partner perusahaan, hal ini juga merupakan ukuran kinerja yang ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek dalam Sistem Pelaporan Kerjasama (LAPORKERMA) yaitu layanan informasi dan pendataan data kerjasama Perguruan Tinggi dengan mitra dalam negeri maupun luar negeri,” ucap Nursery dalam kegiatan ini.

“Secara rinci terdapat 69 perusahaan baik BUMN maupun swasta, dan 3 institusi pemerintahan yang turut hadir dalam kegiatan kita kali ini. Dari sisi kepanitian, saya berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa, karena kegiatan ini murni dilaksanakan oleh mahasiswa beasiswa ITL Trisakti. Secara khusus kita berterima kasih kepada Bank BNI (Persero) yang telah mendukung sukses selaku sponsor kegiatan ini,” tutup Nursery.

Berikut daftar 72 perusahaan yang menghadiri Indusri Gathering di ITL Trisakti:

1. PT. Astra Honda Motor (AHM)
2. PT. Jababeka Infrastruktur
3. PT. Jasa Raharja
4. Dinas Perhubungan DKI Jakarta
5. Kementrian Perhubungan/Biro Kepegawaian
6. PT. ASDP Indonesia Ferry
7. PT. MRT Jakarta
8. PT. Perusahaan Listrik Negara
9. BP3IP Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran Jakarta
10. PT. Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia
11. PT. Atosim Lampung Pelayaran
12. PT. Multi Terminal Indonesia
13. PT. NUSANTARA PELABUHAN HANDAL, TBK
14. PT. IPC Terminal Petikemas
15. PT. PELNI (Persero)
16. PT. Salam Pacific Indonesia Lines
17. PT. SKR International
18. PT. Temas Tbk
19. PT. Aerojasa Cargo
20. PT. Angkasa Pura Logistik
21. PT. ATT Group
22. PT. Bhanda Ghara Reksa (Persero)
23. PT. BNI Persero, Tbk (Sponsor utama)
24. PT. Bogasari Flour Mills
25. PT. BOLLORE LOGISTICS INDONESIA
26. PT. BSA Logistics
27. PT. Cardig Logistics Indonesia
28. PT. Cipta Krida Bahari
29. PT. Asia Aero Technology
30. PT. Dakota Cargo
31. PT. Dexter Eurekatama
32. PT. DSV Solutions Indonesia
33. PT. Fin Logistics
34. PT. Freight Cargo Logistics
35. PT. Ghita Avia Trans
36. PT. Halim Trans Cargo
37. PT. Havi Logistics Indonesia
38. PT. Kimia Farma
39. PT. Kumaitu Cargo
40. PT. Lastana Express Indonesia (Lazada Logistics)
41. PT. MOSTRANS GLOBAL DIGILOG
42. PT. Multicrane Perkasa
43. Eman Logistics
44. PT. SAMORA USAHA MAKMUR
45. PT. Sarana Bandar Nasional
46. PT. Schenker Petrolog Utama
47. PT. Seacon Logistics
48. PT. Shippindo Teknologi Logistik
49. PT. SUN LOGISTICS
50. PT. Surya Pandawa Nusa
51. PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE)
52. PT. Total Inti Corpora
53. PT. Unilever Oleochemical Indonesia
54. PT. Wahana Multi Logistik
55. PT. YCH Indonesia
56. PT. Yusen Solution
57. PT. Indria Putra Persada
58. PT. Kereta Api Properti Manajemen
59. PT. Kereta Cepat Indonesia China (KCIC)
60. PT. LRT Jakarta
61. AirNav Indonesia
62. PT. Aero Globe Indonesia
63. PT. Angkasa Pura Aviasi
64. PT. Angkasa Pura I
65. PT. Angkasa Pura II
66. PT. Avia Technics Dirgantara
67. PT. Gapura Angkasa
68. PT. Garuda Indonesia
69. PT. Lion Air Group
70. PT. Swift Logistics Solutions
71. PT Monang Sianipar Abadi (MSA Kargo)
72. PT Geo Trans

Penulis/Editor : Yosi Pahala
Grafis : Aris Nur Wijaya, Deshiva

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *