Wabub Resmikan Expo Tosan Aji Di Pendopo Museum Kartini Rembang

Daerah240 Views

Rembang, Indonesianews.co.id

Wakil Bupati HM. HM. Hanies Cholil Barro’ meresmikan pembukaan Pameran Tosan Aji (Pusaka), Pendopo Museum RA. Kartini, Jumat, 19 Agustus 2022.

Tosan Aji merupakan senjata pusaka tradisional. Istilah ini merujuk pada segala macam senjata tradisional, yang terbuat dari besi dan dianggap sebagai Pusaka. Secara umum tosan aji diciptakan tidak hanya sebagai senjata tapi juga sebagai sifat kandel bagi pemiliknya, yaitu sesuatu yang dapat membangkitkan keberanian, keyakinan bagi pemilik tosan aji tersebut.

Tosan aji ini sudah ada sejak jaman kerajaan Majapahit maupun Kediri, dan sekarang ini sudah dicatat sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Tosan aji sendiri juga mempunyai peranan penting yang digunakan sebagai senjata dalam merebut kemerdekaan oleh nenek moyang kita. Pada saat ini generasi muda banyak yang kurang memahami dan tidak mengenal nilai-nilai baik histori, filosofi, maupun nilai-nilai sejarah. Oleh sebab itu, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyemangatkan kembali kepada masyarakat agar lebih memahami dan mempelajari nilai filosofi budaya dari Tosan Aji.

Kandungan nilai filosofi dari sebuah pusaka dapat dilihat baik segi motif atau ragam hiasnya, teknologi pembuatannya serta nilai – nilai kearifan lokal yang lainnya. Oleh karena itu, melalui event yang di kemas dalam pameran ini nantinya masyarakat umum baik pecinta maupun akademisi dapat melihat sebagai sebuah peninggalan sejarah warisan budaya yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Dalam pameran Tosan Aji ini nantinya tidak hanya dipamerkan pusaka, namun ada rangkaian kegiatan lain yang mendukung keberadaan pusaka sebagai warisan budaya yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Adapun rangkaian tersebut diantaranya adalah jamasan atau pembersihan pusaka, kirab pusaka, sarasehan tentang arti penting keberadaan pusaka yang mendatangkan narasumber dari praktisi dan akademisi, serta workshop tentang pembuatan pusaka. (Trisno/PSR).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *