Even Karnaval Sluke, Sedot Antusias Warga

Daerah499 views

Rembang, Indonesianews.co.id

Setelah lama vakum akibat serbuan Pandemi Covid -19. Iven tahunan kegiatan Karnaval dalam balutan Rangkaian Kegiatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 di Kecamatan Sluke Kabupaten kembali diadakan. Even tahunan yang indentik dengan derap menghormati jasa – pahlawan bangsa itu terbukti menyedot antusias warga.

Ribuan Warga yang haus akan hiburan membludak memadati jalur Pantura sepanjang Desa Leran hingga Desa Jatisari.

Sejumlah 44 peserta karnaval terlibat yang berasal dari pelajar tingkat SD-SMA sebanyak 23 peserta.
Sementara Instansi, Lembaga dan Desa sebanyak 21 peserta.

Mereka berjalan kaki sepanjang 4 kilometer dengan menyajikan penampilan terbaiknya.
Tampak sejumlah peserta menampilkan kreasi busana yang bernuansa kearifan lokal, pakaian adat, pakaian profesi, pakaian pahlawan.

Di samping itu Peserta juga tampak membawa spanduk dan poster – poster tentang yang mengandung nilai – nilai pesan penyelamatan lingkungan bumi.
Tak hanya itu, berbagai atraksi seni juga turut ditampilkan seperti reog, barongan dan atraksi drumband.

Ada yang cukup menarik di even kali ini, peserta wajib menyampaikan yel-yel dihadapan Forkompincam Kecamatan Sluke dan lagu Joko Tingkir moncer dengan berbagai versi yang dimodifikasi sesuai kebutuhan peserta.

Camat Sluke Wiyoto, SH. tampak antusias menyambut peserta karnaval yang berada dipanggung kehormatan.

Karnaval adalah dalam rangka HUT Kemerdekaan RI yang ke 77 turut memeriahkan untuk mengenang masa – masa perjuangan kemerdekaan.

“Tentunya yang kita ingat terus adalah jasa – jasa para pahlawan bangsa. Apalagi, saat ini kita tinggal menikmati saja hasil perjuangan mereka. Maka sudah selayaknya kita mengenangnya dengan berbagai kegiatan salah satunya melalui karnaval ini,” kata Wiyoto di sela – sela kegiatan Karnaval Sabtu 12/8/2022.

Ia mengatakan berbagai kegiatan diadakan, selain karnaval berbagai lomba – lomba, senam masal, panggung hiburan kesenian juga malam tasyakuran HUT Kemerdekaan RI yang dipusatkan di pendopo Kecamatan Sluke.
Apalagi, kegiatan sempat vakum akibat Pandemi Covid -19.

Generasi muda jangan melupakan sejarah karena sejarah itu penting. Maka kita harus menghormati pahlawan bangsa yang telah berjuang untuk sebuah kemerdekaan.

“Generasi muda harus meneruskan cita -cita pahlawan bangsa, cita – cita kemerdekaan, untuk membangun negara Indonesia ini lebih maju, mandiri, adil, makmur dan sejahtera,” pungkasnya.

Ketua panitia HUT RI 77 Kecamatan Sluke Agus mengatakan rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke 77 di Kecamatan Sluke meliputi lomba gerak jalan pelajar, karnaval pelajar dan umum, karaoke antar instansi kecamatan dan pemdes, senam masal, menghias tumpeng di tingkat desa, upacara pengibaran dan penurunan bendera pusaka, resepsi kenegaraan dan malam puncak, festival musik dan Bazar.

“Karena sudah 2 tahun Pandemi antusias masyarakat cukup tinggi,” kata Agus.
Sesuai dengan tema “Memupuk Nilai Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional”
“Kami harap masyarakat mulai melihat apa itu perbedaan kemudian bersinergi untuk melakukan pembangunan dan ketahanan nasional yang merongrong ketahanan negara hendaknya kita antisipasi,” harapnya (Trisno/Rbg).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *