by

Kapolres Purwakarta Ajak Masyarakat Aktif Berantas Narkoba

Purwakarta, Indonesianews.co.id

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengajak masyarakat ikut berperan aktif dalam upaya pemberantasan narkoba.

Kapolres menegaskan, pihaknya tidak akan mentolelir peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba sehingga mengharapkan kerja sama dari semua pihak.

“Kita kembali imbau masyarakat untuk berperan aktif dalam pemberantasan narkoba di Kabupaten Purwakarta. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah melaporkan ke kepolisian jika mengetahui ada pelaku narkoba di lingkungannya,” ucap pria yang akrab disapa Edwar itu, Kamis, (4/08/2022)

Ia mengaku, Polisi tidak bisa maksimal menumpas peredaran narkoba, untuk itu pihaknya berharap masyarakat membantu kepolisian dalam mengungkap peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba.

“Selama masyarakat masih membantu kami dari kepolisian, semua akan ditindak.
Jangankan penyalahguna, pengedar dan bandarnya pun kami akan tangkap kalau terbukti,” tegas Edwar.

Menurut dia, generasi muda atau remaja adalah objek yang sangat rentan terhadap penyalahgunaan narkoba sehingga kalangan orang tua diharapkan dapat mengawasi anak masing-masing.

“Dengan pengawasan yang ketat tersebut diharapkan anak-anaknya tidak sampai terlibat dalam peredaran gelap atau mengonsumsi narkoba jenis apa pun,” Kata perwira polisi yang terkenal dengan keramahannya itu.

Edwar menambahkan, upaya memerangi narkoba tersebut harus dimulai dari keluarga dengan mengawasi sikap dan perilaku anak. Kemudian mengawasi lingkungan masyarakat sekitar dengan memberikan informasi kepada petugas.

“Partisipasi berupa informasi dari pribadi atau kelompok masyarakat tersebut sangat membantu kami dalam upaya memerangi peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba, terutama di kalangan remaja,” ungkapnya.

Sedangkan untuk pengawasan lingkungan, lanjut Edwar, diharapkan kepedulian masyarakat untuk memantau aktivitas orang yang dicurigai sebagai bandar, pengedar, atau adanya transaksi narkoba.

“Jika hal itu ada di lingkungan tempat tinggal kita, masyarakat hendaknya memberikan informasi kepada petugas. Kami menjamin keamanan dan keselamatan pemberi informasi. Dengan kerja sama yang baik antara petugas dengan masyarakat, Kami beryakinan Kabupaten Purwakarta akan bebas dari peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba,” Pesan AKBP Edwar Zulkarnain.

Selain itu, kapolres menambahkan, masyarakat harus memahami bahwa tidak semua kasus penyalahgunaan narkotika dipidana. Dalam undang-undang narkotika sudah diatur, bahwa pengguna bisa mengajukan rehabilitasi dengan ketentuan dan syarat tertentu. Diantaranya, yang bersangkutan bukan residivis dan pengedar

“Kita perlu memahami bahwa tidak semua org yang mengkonsumsi narkotika harus dipidaba atau dipenjara. Ada orang yg dikategorikan sebagai pecandu atau korban penyalahgunaan narkotika. Berdasar pasal 54 UU nomor 35 tahun 2009, pecandu narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial,” Ungkapnya. (Fuljo/Christ).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.