Akibat Tanggul Sungai Jebol, Belasan Rumah Hanyut Tersapu Banjir

Daerah167 Views

Pati, Indonesianews.co.id

Belasan rumah hanyut terbawa banjir bandang di Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Ratusan rumah dilaporkan terendam banjir dan mengalami kerusakan parah.

“Dari semalam hujan deras, ketika sekitar jam 12 malam intensitas hujan tinggi, ada dua desa yang terkena banjir bandang,” jelas Camat Margoyoso Agus Purwanto saat ditemui di lokasi, Kamis (14/7).

Agus mengatakan dua desa yang parah terkena banjir bandang yakni Desa Bulumanis Kidul dan Tunjungrejo. Ada belasan rumah warga yang hanyut karena tanggul Sungai Suatu jebol.

“Ini kerusakan terparah Desa Bulumanis Kidul dan Tunjungrejo. Bulumanis tanggul kali suatu satu titik panjang 30 meter, akibatnya 12 rumah hanyut tidak tersisa,” terang dia.

“Desa Tunjungrejo 10 hari lalu terdampak banjir, sudah kita bantu dan lebih luas dan ada 10 rumah yang rusak,” sambung Agus.

Terdapat ratusan rumah yang masih terendam banjir di desa tersebut, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“Terdampak lagi tidak terendam ratusan rumah di dua desa. Ini melintas dari Bulumanis Kidul sampai Bulumanis Lor,” jelasnya.

“Kerugian, korban jiwa tidak ada. Ada balita satu dua tahun dievakuasi. Kerugian belum dihitung, konsen menyelamatkan warga,” lanjutnya.

Agus menambahkan pihaknya telah menyediakan posko pengungsian di Balai Desa Bulumanis Kidul. Diperkirakan ada 100 jiwa bisa tertampung.

“Pengungsi warga menyelamatkan harta benda tersisa, ini menyelamatkan barang masing-masing. Nanti malam ada hujan, kita siapkan posko di Balai Desa Bulumanis Kidul. Perlengkapan dari Dinsos dari Provinsi,” terang dia. (AhmdT/Trisno).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *