by

Kodim 0720/Rembang Gelar Latnis Pertajam Kemampuan Prajurit Satuan Intelijen Teritorial

Rembang, Indonesianews.co.id

Peningkatan sinergitas untuk mempertajam kemampuan prajurit Satuan intelijen Teritorial sebagai keharusan.

Untuk itu, Kodim 0720/Rembang menggelar Latihan Teknis Intelijen (Latnis Intel) tahun anggaran 2022.

Kegiatan berlangsung selama 3 hari dimulai tanggal 11 hingga 13 Juni 2022 mendatang, bertempat di Gedung Manunggal Kodim 0720/Rembang. Senin 11 Juli 2022.

Sejumlah 19 orang terlibat dalam kegiatan ini, diantaranya 14 orang pelaku Prajurit yang memiliki kualifikasi Bidang Intelijen dan 5 orang peserta pendukung.

Kegiatan diawali brifing pelaku dan penyelengara. Sedangkan latihan teori dilaksanakan selama tiga hari dan untuk latihan aplikasi lapangan selama 2 hari.

Pasi Ops. Kodim Letda Arm Supartono selaku Komandan Latihan Latnis Intel menjelaskan, bahwa kegiatan Teknis Latnis Intelijen Kodim 0720/Rembang Timur merupakan Program dari Komando atas yang wajib dilaksanakan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Intelijen bagi Prajurit yang memiliki kualifikasi Intel sesuai dengan bidangnya.

“Mengingat semakin pentingnya deteksi dini dan pencegahan dini terhadap suatu permasalahan sosial yang timbul, maka insan Intelejen perlu dibekali pengetahuan yang cukup, agar tugas-tugas satuan intelijen di lapangan dapat bekerja dengan baik sesuai dengan harapan dari Komando atas,” kata Pasi Ops.

Sementara itu, Pjs. Pasi Intel Kodim 0720/Rembang Kapten Inf Mustamir selaku Pemateri menjelaskan, bahwa tugas intelijen terdiri dari Pengamanan, Penyelidikan dan Penggalangan, namun tanpa pendidikan dan pelatihan yang baik maka tugas pokok Intelijen tersebut tidak mungkin terwujud.

Melalui latihan ini diharapkan setiap insan intelijen, selalu waspada dan peka terhadap perkembangan lingkungannya, terutama mampu mengaplikasikan di lapangan.

Kemampuan temu cepat lapor cepat pada setiap kejadian yang timbul dan pada akhirnya sekecil apapun permasalahan dapat diketahui, dicegah dan diatasi,” harapnya.

Sumber : Pendim 0720/Rembang
Editor : Trisno

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *