by

Pemdes Cibening Bangun Drainase dan Program Ketahan Pangan Hewani

-Desa-22 views

Purwakarta, Indonesianews.co.id

Banyak cara untuk membenahi pembangunan terutama di saat pemerintah pusat Presiden Jokowi mengucurkan dana desa (DD) tahun 2022 yang prioritas pembangunan Desa dalam pemberdayaan masyarakat dan kebutuhan fisik sarana prasarana di setiap desa.

Meski baru menjabat beberapa bulan ini kades Cibening Yandi Efendi sudah terlihat menampakan kinerja seorang pemimpin baru yang terpilih hasil Pilkades Purwakarta.

Guna mensukseskan Dana Desa (DD), Pemerintah Desa (Pemdes) Cibening tahun ini mulai berbenah dengan berbagai program baik pemberdayaan masyarakat jalankan ketahanan pangan hewani dan pengerjaan pembangunan sarana prasarana.
Adapun sarana fisik pembangunan yang sedang dikerjakan yakni pengerjaan saluran air (drainase) dan pembuatan tembok penahan tanah (TPT) sepanjang 135 meter yang di fokuskan di kampung Sukawening, Desa Cibening, Purwakarta yang bersumber dari dana desa (DD) tahap satu sebesar Rp.141 juta.

“Untuk tahun ini, dana desa kita fokuskan untuk pembuatan drainase dan TPT ini penting untuk mengantisipasi banjir dan longsor ke area pertanian, percuma kalau kita langsung membenahi jalan lungkungan tanpa membenahi drainasenya terlebih dahulu, karena itu nantinya akan sia-sia pembangunannya.” tegas Yandi Efendi selaku Kades Cibening pada media.

Lebih lanjut kades Yandi menjelaskan pembangunan desa skala prioritas memang masih banyak untuk di benahi termasuk rencana program pengerjaan hotmik jalan lingkungan yang masih perlu dibenahi khusus di Desa Cibening ada di dua titik yakni di jalan kampung Sukawening akses sekolah dan di gang sate, kampung Cilame yang mempunyai panjang total 1100 meter, ini kebutuhannya besar anggaranya karna kalau tidak di bantu dana APBD Kabupaten Purwakarta, dana desa tidak akan mencukupi untuk membenahi jalan lingkungan tersebut.

“Desa Cibening memang perlu banyak pembenahan terutama pembenahan jalan lingkungan (jaling) rencananya di hotmik yang memerlukan anggaran tambahan karena tidak cukup DD harus di bantu APBD Purwakarta .”papar kades baru ini.

Sedangkan untuk dana desa tahap dua program pemberdayaan masyarakat di bidang ketahanan pangan dan hewani pemdes Cibening dengan Pemda purwakarta sudah merancang rencana program yakni budidaya sapi dan domba serta budidaya perikanan selain itu budidaya palawija pepaya calipornia sebagai unggulan yang akan di kelola di lahan tanah desa (bengkok) oleh kelompok tani (Poktan) desa Cibening. Dana program ini mencapai total 280 juta.
“Program ketahanan pangan dan hewani ini sistemnya bagi hasil untung pihak Poktan dengan pemdes hasilnya bisa dibelikan bisa berupa beras yang diperuntukan bagi warga miskin ini berdampak bagi kesejahteraan masyarakat.” Ujar Yandi.

Guna menyukseskan semua program diperlukan dukungan masyarakat dan pihak pemerintah daerah Pemda Purwakarta dalam pembangunan desa di harapkan Bupati Purwakarta Ambu Anne bisa membantu merealisasikan kebutuhan desa sehingga bisa sinergis pembanguan terwujud.

“Kita berharap masyarakat dan Pemda Purwakarta mendukung program Desa Cibening sehingga kesejhatraan masyarakat bisa tercapai.”pungkas kades Cibening.(fuljo/Crist/Tris).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *