by

Hari Lahir Pancasila, Begini Pesan Kapolres Purwakarta

Purwakarta, Indonesianews.co.id

Hari lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni ini diharapkan tak hanya jadi ajang seremonial tahunan dan nostalgia sejarah.

Kelahiran Pancasila harus bisa jadi momentum membumikan Pancasila sebagai dasar dan landasan perilaku nyata di kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut di ungkapan Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto saat ditemui di sela-sela kegiatan, pada Rabu, (1/06/ 2022)

Pria yang akrab disapa Hery itu mengatakan Pancasila sudah menjadi komitmen berbangsa. Karenanya, masyarakat harus bisa mendalami sekaligus menghayati nilai-nilainya.

“Harus diingat arti penting lahirnya Pancasila sebagai pemegang keutuhan, menjaga keamanam NKRI hingga dapat menangkal sikap buruk radikalisme, konflik sosial dan terorisme,” tutur pria berpangkat dua melati di pundaknya itu.

Menurutnya, hal terpenting memaknai Pancasila sebagai nilai-nilai yang harus diterapkan dalam kehidupan, seperti menghormati sesama walau berbeda agama, mengakui persamaan hak dan derajat masyarakat Indonesia, saling membantu dan gotong royong dalam menjaga persatuan bangsa Indonesia.

“Pancasila sebagai Ideologi dan Pedoman hidup dalam tatanan bernegara dan berbangsa, harus senantiasa menjadi penyemangat bangsa Indonesia dalam membangun peradaban dunia dengan mengimplementasikan nilai-nilai dan butir-butir Sila Pancasila,” ucap Hery.

Kapolres Purwakarta menambahkan, peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni, harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pamacu dan momen akualisasi nilai-nilai Pancasila.

“Berbicara Pancasila bukan hanya lima sila yang dibacakan dan didengar bersama pada saat upacara bendera, melainkan harus dipraktikkan dalam kehidupan kita sehari-hari,” ucap AKBP Suhardi Hery Haryanto.(fuljo/Crist)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *