by

Cegah Radikalisme, Dukuh Banyurowo Desa Sulang Dicanangkan Sebagai Kampung Pancasila

Rembang, Indonesianews.co.id

Komitmen menjaga dan menerapkan nilai – nilai pancasila dalam kehidupan keseharian serta menciptakan kerukunan antar umat beragama, Koramil 03/Sulang Kodim 0720/Rembang dan Pemerintah kecamatan Sulang kabupaten Rembang canangkan dukuh Banyurowo desa Sulang kecamatan Sulang sebagai Kampung Pancasila.(24/05/2022)

Selain masyarakatnya komitmen menjaga pancasila, dipilihnya kawasan dukuh Banyurowo desa Sulang sebagai Kampung Pancasila karena di daerah tersebut terdapat sejumlah tempat ibadah seperti masjid dan gereja yang lokasinya berdekatan dan selama ini mereka saling menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama.

Melihat kondisi daerahnya yang kondusif, meski berbeda-beda keyakinan, namun saling menghormati, Koramil 03/Sulang Kodim 0720/Rembang dan Pemerintah kabupaten Rembang mencanangkan dukuh Banyurowo desa Sulang sebagai Kampung Pancasila. Pencanangan ini secara simbolis diwarnai pemukulan gong oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz, S.Pd.I.
Selain pemukulan gong, juga diwarnai tari Gambyong yang dibawakan siswa SMP 1 Sulang, Pembacaan Dongeng asal usul dukuh Banyurowo Desa Sulang dibawakan siswa SDN 1 Sulang dan Drumband oleh siswa SMP 1 Sulang kabupaten Rembang.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Rembang Abdul Hafidz, S.Pd.I, Dandim 0720/Rembang Letkol Kav Donan Wahyu Sejati, S.Sos, Kapolres Rembang AKBP Dandy Aryo Yustiawan, S.I.K, Kajari Rembang Nur Rohman, S.H., Camat Sulang Ika Himawan Afandi, S.T.P, M. M
Danramil 03/Sulang Lettu Kav Suparyanto beserta Kepala Desa Sulang bapak Rubianto beserta para perangkat desa Sulang.

Dalam sambutan kepala desa Sulang bapak Rubianto mengatakan selamat datang kepada Forkopimda Rembang dan Forkopimcam Sulang sudah hadir dalam peresmian kampung pancasila di desa kami. ” ucapnya.

“Bahwa pancasila sesuai dengan arahan Bapak Kasad untuk jajaran angkatan darat, Bapak Jenderal Dudung menyampaikan, segera sosialisasikan lebih luas lagi khususnya dengan pembentukan kampung-kampung pancasila ini,” ujar Letkol Kav Donan Wahyu Sejati,S.Sos.

Selain itu, Dandim juga berpesan dengan diresmikannya Kampung Pancasila maka masyarakat agar mengamalkan nilai pancasila tersebut, yakni dengan menjaga dan memelihara pancasila yaitu melestarikan nilai yang terkandung dan bersama menciptakan kerukunan.

Bupati Rembang Abdul Hafidz,S.Pd.I berharapkan pencanangan Kampung Pancasila ini bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung lainnya untuk selalu menjaga kebersamaan, kerukunan, toleransi dan menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk mengamalkan nilai-nilai pancasila oleh sebab itu ayo bersama bersatu padu membangun kerjasama, mendukung pembangunan di kabupaten Rembang yang di dasari dengan pancasila ,” kata Bupati Rembang

Dengan adanya kampung Pancasila ini diharapkan dapat tumbuhkan nasionalisme, cegah paham Radikalisme, tumbuhkan sikap gotong royong agar tidak di rong-rong negara lain. Semoga di masing-masing desa dikecamatan Sulang dapat mencontoh pembentukan kampung pancasila yang ada di dukuh Banyurowo desa Sulang ini.tutup Bupati

Danramil 03/Sulang Lettu Kav Suparyanto mengatakan, pembentukan Kampung Pancasila ini sebagai bentuk upaya untuk lebih mengenalkan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila di tengah masyarakat khususnya wilayah binaan Koramil Sulang.

Saya ucapkan terimakasih atas dukungan seluruh warga dukuh Banyurowo desa Sulang yang telah partisipasi sehingga dalam peresmian kampung pancasila ini lancar dan tidak ada kendala.”tutup Danramil Sulang(Trisno/Pendim 0720/Rembang).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *