Pemkab Rembang Targetkan Sepuluh Ribu Pengunjung Museum Kartini

Daerah96 Views

Rembang, Indonesianews.co.id

Menyambut Hari Kartini yang akan berlangsung pada tanggal 21 April 2022 mendatang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang telah menggelar sejumlah rangkaian acara.

Sejumlah acara telah digelar oleh Dinbudpar Kabupaten Rembang untuk menyambut pahlawan perempuan Nasional yang mengabdikan separuh hidupnya di Kabupaten Rembang itu.

“Rangkaian kegiatan kita sudah kita mulai sejak 23 maret, ada Rembang Tourism Award, Duta Museum, lalu IMMR kita mendatangkan Mbak&Mas Jawa Tengah dan Raka-Raki dari Jawa Timur,” kata Muttaqin selaku Kepala Dinbudpar Kabupaten Rembang.

Raden Ayu Kartini merupakan pahlawan yang telah memperjuangkan nasib para wanita di Indonesia lewat berbagai aksinya dalam bidang pendidikan, sosial, kebudayaan saat dirinya resmi dipinang oleh Bupati Rembang kala itu.

Rumah kediamannya saat ini dialihkan fungsikan menjadi museum RA Kartini yang bisa dikunjungi setiap saat dengan membayar retribusi sebesar Rp2000 per orangnya.

Untuk menyambut peringatan Hari Kartini yang sebentar lagi akan diselenggarakan, Dinbudpar Rembang menargetkan jumlah pengunjung museum RA Kartini pada bulan April ini sebanyak 10.000 pengunjung.

Untuk memaksimalkan target tersebut, pihaknya akan bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnnya, yakni Dinas Kependidikan dan keolahragaan (Dindikpora) serta Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang.

“Kami mengintensifkan para siswa untuk mengunjungi museum, harapan kita untuk jumlah keseluruhan bisa mencapai 10.000 kunjungan,” terangnya.

Kunjungan ke museum RA Kartini ini nyatanya telah dimulai sejak bulan Maret lalu, artinya para siswa mulai dari tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama mulai bergantian mengunjungi jejak kehidupan RA Kartini itu.

Untuk memastikan tidak adanya kerumunan menjelang puncak Hari Kartini nanti, Dinas Kependidikan dan Keolahragaan serta Kantor Kemenag Rembang akan membuat jadwal bagi para siswa agar kunjungan dapat dilakukan dengan maksimal. (Trisno/Hnz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *