Apresiasi Pengelolaan Dana Eks PNPM Kecamatan Sumber, Bupati Minta Maksimalkan

Daerah87 Views

Rembang, Indonesianews.co.id

Ribuan warga kurang mampu di kecamatan Sumber Kabupaten Rembang mendapatkan sembako gratis di pendapa kecamatan setempat, Sabtu 2 April 2022.

Untuk penyerahan secara simbolis sembako diberikan di Kecamatan kepada ratusan penerima manfaat perwakilan dari masing- masing Desa yang ada di Kecamatan Sumber. Bupati Rembang Abdul Hafidz dalam kesempatan itu juga hadir dan menyerahkan sembako gratis kepada warga.

Bupati Rembang H.Abdul Hafidz mengapresiasi pengelolaan dana eks PNPM pedesaan di Kecamatan Sumber yang sangat baik, Pasalnya mampu menghasilkan surplus Rp.1 milyar lebih dari dana bergulir Rp.9 milyar, tunggakan juga cuma Rp. 400 juta masih terbilang sehat.

“Kemudian surplus itu dibagi untuk penguatan modal, kelembagaan dan untuk dana sosial, ini ada Rp.287 juta untuk sembako seribu orang lebih ini luar biasa. Kebetulan ini dibagikan sebelum Ramadhan biasanya kan dibagi di tengah bulan puasa tapi sama saja intinya masyatakat terbantu.”

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan dana untuk simpan pinjam perempuan yang dikelola luar biasa. Bahkan ada Rp. 2 milyar yang disimpan di perbankan karena tidak ada yang menyerap, sehingga disarankan untuk mencari nasabah yang memenuhi persyaratan.

Ketua BKAD Kecamatan Sumber , Sukirno
mengatakan sembako gratis itu berasal dari surplus usaha simpan pinjam yang dikelola oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Sumber tahun 2021.

“Total sembako yang dibagikan ada 1.656 paket, setiap desa mendapatkan alokasi 94 paket atau penerima, dengan total anggaran Rp.165 juta lebih. Ia berharap sembako gratis ini bisa sedikit membantu warga yang tidak mampu,” ungkapnya.

Salah satu penerima bantuan sembako, Siti Maryam warga Desa Sumber mengaku bersyukur mendapat sembako gratis. Apalagi besok sudah mulai berpuasa.

“Alhamdulillah sembako gratis,apalagi menjelang puasa, isinya ada beras, mie instan, roti, teh ,kecap dan gula.” ungkapnya.

Setelah penyaluran sembako secara simbolis di pendapa kecamatan Sumber. Sembako tersebut akan dibagikan ke ribuan warga yang telah tercatat sebagai penerima manfaat di setiap desa. ( Trisno/Mif/Rud/Kominfo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *