by

Kelompok Usaha Bersama Nelayan Terima Kucuran Dana Hibah

-Daerah-124 views

Rembang, Indonesianews.co.id

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rembang, menggelar Sosialisasi Bantuan Hibah yang bersumber dari APBD dan DAK T.A 2022 di Gedung Hijau, Komplek Rumah Dinas Wakil Bupati Rembang. Selasa (29/03/2022).

Hibah ini diperuntukan untuk kegiatan pengembangan Lembaga Usaha Ekonomi Kelompok Nelayan. Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan, Sunyoto, S.Pi, M.Si menyampaikan untuk Tahun 2022 bantuan hibah yang bersumber dari APBD 2 sebesar Rp. 3,75 Milyar untuk 36 KUB, sedangkan yang bersumber dari DAK dari Kementrian Kelautan dan Perikanan sebesar 1,9 Milyar untuk 30 KUB. Bersumber dari APBD 2 ada juga sebesar Rp. 200 juta untuk kegiatan fisik, kemudian untuk kelompok budi daya sebesar Rp. 55 jt. untuk 2 kelompok, dari DAK 200jt untuk Balai Benih Ikan di Pamotan, yang sudah disebutkan tadi bantuan hibah untuk nelayan kecil.

Sedangkan untuk kelompok pengolah dan pemasar ikan sebesar Rp. 140 jt dari APBD 2, diperuntukan untuk 4 poklasar, dan untuk rehab unit pegolahan ikan dari DAK sebesar Rp. 350 jt. Dari Pugar (garam) anggarannya dari DAK untuk 7 kelompok sebesar Rp. 2,2 Milyar. Target PAD untuk Dinlutkan tahun 2022 adalah sebesar Rp. 15 Milyar, untuk itu Sunyoto berharap kepada para nelayan untuk berkontribusi dalam mencapai target PAD tahun 2022.

Sementara itu Bupati H. Abdul Hafidz dalam sambutannya menyampaikan apresiasi acara sosialisasi hibah yang diselenggarakan Dinlutkan Kab. Rembang. Ada hal hal yang perlu ditaati dalam penyaluran dana hibah ini agar nantinya tidak timbul masalah. Jangan sampai yang semula kita niatnya baik menjadi tidak baik. Ini penting karena uang negara dipakai harus mentaati aturan, tidak sembarangan seperti uang pribadi. Di sinilah ketentuan yang harus ditaati bersama, oleh karena itu di sini dihadirkan dari Inspektorat yang tujuannya adalah untuk mendampingi yang bapak/ibu penerima hibah dalam mengelola dana hibah dari pemerintah. (Sumber : Prokopimda Setda Rembang /Trisno).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *