by

MotoGP Mandalika 2022 Ukir Sejarah

-Olahraga-16 views

Mandalika, Indonesianews.co.id 

Pebalap Portugal Miguel Oliviera tampil fantastis di ajang MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (20/3/2022).

Andalan RedBull KTM ini masuk finish terdepan diikuti Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Johann Zarco (Pramac Racing Team). Ia mencatatkan diri sebagai juara perdana dari seri Pertamina Grand Prix of Indonesia. Bagi Oliviera, ini adalah kemenangan keempatnya sepanjang karier di MotoGP. Oliviera memimpin sejak lap kelima dan tak terkejar hingga lap akhir.

Sebanyak 23 pebalap mengikuti race setelah selama 75 menit ditunda karena turun hujan deras yang membasahi lintasan utama. Sekitar 60 ribu penonton yang memadati tribun tetap bergembira meski kondisi hujan karena ini adalah peristiwa penting.

Hujan yang turun selama 1,5 jam sempat menghentikan dimulainya lomba. Sekitar pukul 15.30 Wita, Presiden Joko Widodo turun dari Royal Box dan menuju garasi balap yang disambut Chief Executive Officer Dorna Sports Carmelo Ezpeleta. Setelah berbincang selama 30 menit, lomba pun diputuskan untuk dimulai. Jarak tempuh dikurangi, dari semula 27 lap menjadi 20 lap.

“Presiden meminta agar lomba dimulai saat hujan mulai reda,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno yang ikut mendampingi Presiden.

Balapan kemudian dibuka dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diiringi Korps Musik Pasukan Pengamanan Presiden dalam kondisi hujan rintik.

 

Seri di Mandalika ini menjadi mimpi buruk bagi juara dunia enam kali MotoGP, Marc Marquez karena ia gagal mengaspal akibat kecelakaan parah yang dialami di Tikungan 7 saat pemanasan sebelum lomba. Pebalap asal Spanyol itu sempat dilarikan ke RSUD Mataram menggunakan helikopter Eurocopter AS365 Dauphin milik Badan SAR Nasional sekitar pukul 11.20 Wita. Ia didampingi manajernya, Emilio Alzamora.

Sejam kemudian, Marquez diterbangkan kembali ke Sirkuit Mandalika atau beberapa saat menjelang jadwal resmi balap. Namun, belakangan andalan Repsol Honda Team ini mundur karena cedera di bagian kepala.

Di kelas Moto3, pebalap Indonesia, Mario Suryo Aji yang menempati start barisan terdepan berhasil finish di urutan 14. Jagoan Honda Team Asia ini mampu membuktikan diri bertarung dengan sangat baik. Dennis Foggia (Leopard Racing) keluar sebagai juara disusul Izan Guevara (Aspar Team) dan Carlos Tatay (CFMoto).

Di kelas Moto2, Somkiat Chantra mengukir sejarah sebagai orang Thailand pertama yang naik podium juara. Ia juga membuat gembira timnya GASGAS bangga karena ini adalah torehan pertama mereka. Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association, Priandhi Satria mengatakan, seluruh pebalap mengaku senang berlomba di Mandalika dan terkesan dengan keramahan masyarakat Indonesia. Seri MotoGP berikutnya akan digelar di Argentina, 4 April 2022. Sirkuit Mandalika selanjutnya akan menjadi tuan rumah seri World Superbike, 11-13 November 2022 mendatang. (Anton Setiawan/Rauf)

***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.