by

Gubernur Ganjar dan Bupati Hafidz Komitmen Tuntaskan RTLH

-Daerah-283 views

Rembang, Indonesianews.co.id

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo didampingi Bupati Rembang H.Abdul Hafidz berkunjung ke dua lansia yang tinggal di Desa Tahunan Kecamatan Sale, mbah Sujen (70) dan Mbah Rapi (70), Rabu (2/2/2022).

Mereka berdua merupakan penerima program bantuan sambungan listrik gratis atau listrik murah bagi warga tidak mampu dari Dinas Energi Sumber Daya Mineral. (ESDM) Provinsi Jawa Tengah.

Di dua rumah lansia itu Ganjar Pranowo berbincang dan sesekali mengeluarkan candaan yang memantik gelak tawa. Dalam perbincangan itu , Ganjar juga akan membantu merehab rumah Mbah Rapi dan Mbah Sutami.

Gubernur Ganjar usai bersilaturahmi ke Mbah Rapi dan Mbah Sutami mengatakan ketika melihat rumah penerima bantuan listrik gratis dari Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Tengah, rumah keduanya terbilang tidak layak huni. Terkait hal itu, Pemerintah Provinsi ingin hadir membantu Pemkab Rembang dan Desa Tahunan dalam penanganan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Sebenarnya Pak Kades dan Pak Bupati sudah menyiapkan RTLHnya, yang di sana (rumah Mbah Rapi-red) sudah diusulkan tahun ini, tapi yang ini (rumah mbah Sutami-red) belum, jadi sekalian saja kita upayakan bantuan dari pemprov, jadi kerja sama nanti, ” ungkapnya.

Ganjar juga menyebut Pemkab Rembang setiap tahun gencar merehab rumah tak layak huni. Diyakini jika kita percepat penanganan RTLH, maka pengurangan kemiskinan dapat dilakukan dengan cepat.

Selain penanganan RTLH dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten, anggaran dari sumber- sumber lain juga diupayakan. Seperti dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Corporate Social Responsibility (CSR) bahkan sumbangan dari perseorangan.

Bupati Rembang H.Abdul Hafidz menuturkan setiap tahunnya Pemkab Rembang merehab RTLH lebih dari 4ribu rumah. Kemudian hampir dua RTLH juga direhab dari Anggaran Pemprov dan Pemerintah Pusat.

“Sedangkan program RTLH dari Pemprov di Rembang membedah 870 rumah dan dari Pemerintah Pusat 1100 sasaran.” Tuturnya.

Mbah Sutami mengaku senang rumahnya akan dibangun. Nenek berusia 70 tahun yang tinggal bersama suaminya Wariyo juga mendapat sejumlah uang dari Gubernur asli Purworejo itu.

“Nggeh tadi katanya mau dibantu bangun rumah. Nggeh seneng mas, alhamdulillah, ” pungkasnya.

Usai di Desa Tahunan Sale, Gubernur Ganjar bersama Bupati Hafidz menemui Enny (73) warga Desa Pamotan yang rumahnya juga tidak layak huni. Rumah yang ditinggali Enny dan anak serta cucunya juga akan diusulkan Pemprov untuk mendapatkan program RTLH. (Trisno/Mif/Rud/Kominfo).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed