by

Pemkab Bersama Distanpan Rembang Serahkan 250unit Alsintan

-Daerah-35 views

Rembang, Indonesianews.co.id

Pemerintah Kabupaten Rembang bersama dengan Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang serahkan 250 alat dan mesin pertanian di Desa Panohan, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang. Kamis (09/12/2021).

Alat dan mesin pertanian yang diserahkan berupa, traktor roda dua sebanyak 118 unit, traktor rotary 42 unit, pompa air 7 unit, cultivator 68 unit, perajam tembakau 15 unit, dan hand sprayer sebanyak 178 unit.

Dalam acara yang digelar mulai pukul 11.00 WIB tersebut, dihadiri oleh berbagai pihak dari pemerintah Kabupaten seperti Bupati Rembang, Wakil Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Rembang, unsur TNI-Polri, Kejaksaan Negeri Rembang, Camat Gunem, Kepala Desa Panohan, kelompok tani, pengusaha di bidang teknologi pertanian, serta masyarakat Desa Panohan.

Selain kegiatan penyerahan alat dan mesin pertanian juga terdapat kegiatan tambahan meliputi pasar murah, santunan anak yatim, serta pengenalan produk pertanian oleh kelompok tani Desa, dan pameran teknologi pertanian.

PLT Kepala Dinas Pertanian dan pangan Agus Iwan Haswanto yang juga ketua panitia dalam acara tersebut menyampaikan, tujuan adanya penyerahan alat dan mesin pertanian ini diantaranya untuk mempercepat pengolahan dan meningkatkan kualitas hasil panen.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu mempercepat pengolahan dan meningkatkan kualitas hasil panen serta meningkatkan daya saing produk hasil pertanian,” kata Agus Iwan Haswanto dalam Laporannya.

Dalam pelaporannya Agus menyampaikan, total sawah dan tegalan di Kabupaten Rembang sebanyak 32.000 hektar, dengan dominasi sawah tadah hujan. Sehingga curah hujan menjadi penentu keberhasilan utama bagi sebagian besar petani di Kabupaten Rembang.

“Adapun penyerahan alsintan ini berasal dari DAH (Dana Alokasi Umum) dan DBHCT (Dana bagi Hasil Cukai Tembakau) sebesar Rp. 6,4miliar,” ungkap Agus Iwan Haswanto.

Di akhir laporannya, Agus mewakili Dintanpan Kabupaten Rembang juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, baik dari kelompok tani, pengusaha teknologi pertanian, serta masyarakat yang telah mendukung sukses dan lancarnya acara ini. (Trisno/Rbg).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed