Kodim 0720/Rembang Gelar Rakor Rencana Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat

TNI & Polri227 Views

Rembang, Indonesianews.co.id

Komandan Kodim 0720/Rembang Letkol Kav Donan Wahyu Sejati, S.Sos. diwakili Pjs. Pasiter Kapten Cba Juli Eko Triono memimpin kegiatan Pembukaan Rakor Rencana Tata Ruang WILHANRAT (Wilayah Pertahanan Darat ) Kodim 0720/Rembang Triwulan IV TA 2021 bertajuk “Rapat Koordinasi Rencana Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat Dalam Rangka Mewujudkan Pertahanan Darat Yang Tangguh”.di Aula Manunggal Kodim 0720/Rembang Jl. Diponegoro No 73 Rembang, Selasa (07/12/2021).

Kegiatan ini, merupakan program tindak lanjut yang harus dilaksanakan di tingkat Kodim, setelah dilaksanakannya Rakor Rencaan Tata Ruang Wilhanrat di tingkat Kodam IV/Diponegoro yang diikuti oleh Pasi Ter Kodim jajaran Kodam IV/Diponegoro pada tanggal 30 November 2021 lalu.
Rakor ini bertujuan Mewujdukan Rakor Rencana Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat yang terpadu dan selaras dengan Rakor Rencana Tata Ruang Wilayah Pertahanan Pemerintah Daerah untuk kepentingan Pertahanan Negara.

Dalam sambutannya Pjs.Pasiter menyampaikan bahwa rencana tata ruang wilayah untuk pertahanan pada tingkat Kodim memuat rencana umum pemanfaatan wilayah dan kawasan guna kepentingan pertahanan keamanan di wilayah dan merupakan penjabaran dari RTRW pertahanan tingkat Kodam maupun RTRW Pertahanan Nasional dan sekaligus digunakan sebagai pedoman bagi penyusunan RTRW pertahan tingkat Korem dan Kodim.

“Dalam menjalankan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, satuan Komando kewilayahan merealisasikan dengan kegiatan pembinaan teritorial yang pada hakekatnya merupakan potensi geografi, demografi dan kondisi sosial sebagai ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh yang bisa menjadi kekuatan wilayah”, terangnya.

Kapten Cba Juli Eko Triono mengharapkan agar melalui kegiatan sosialisasi ini akan terwujud kesamaan visi dan persepsi antara tata ruang wilayah pertahanan darat baik tingkat Kodam, Korem dan Kodim.

Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat TA.2020 Kodim 0720/Rembang TA 2021 dihadiri kurang lebih 35 orang.( Trisno / Pendim 0720/Rembang).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *