by

Karmani, Veteran yang diuri-uri Pemkab Rembang

Rembang, Indonesianews.co.id

Penghargaan diberikan kepada para veteran di Halaman Kantor Bupati Rembang. Karmani jadi sosok veteran yang diuri-uri oleh Pemerintah Kabupaten Rembang.

Karmani adalah seorang veteran kelahiran tahun 1920. Pernah terjun dalam perang melawan sekutu di Ambarawa dan Surabaya, membuat sosok Karmani menjadi veteran yang paling dijaga oleh Pemerintah Kabupaten Rembang.

Karmani merupakan salah satu veteran di Rembang yang mengetahui kedatangan tentara sekutu setelah Indonesia merdeka. Dia bersama kawan-kawannya berjuang melawan sekutu hingga memiliki bekas luka tembak dan cacat di bagian tubuhnya.

“Ini di sini (punggung) ada bekas tembak satu. Tapi saya tidak tahu ditembaknya itu pas di mana. Kan Mbah Karmani ini dulu perang di Ambarawa dan Surabaya. Lalu ini tangannya juga cacat ini, jatuh di pegunungan kendeng waktu gerilya” ungkap Sugeng, anak kedua dari Karmani, Rabu (10/11/2021) lalu.

Karmani juga merupakan pensiunan TNI. Dia pernah tergabung dalam BKR, TKR, dan TNI. Akan tetapi pada tahun 1953 dirinya dinyatakan pensiun dengan pangkat terakhir sebagai Prajurit Satu (Pratu).

“Dulunya Komandan Divisinya namanya Jati Kusumo, Komandan Kompinya Haji Nursalam, Danyonnya Pak Munadi, Dantonnya Pak Prawito, dan Danrunya Pak Saerani”ungkap Sugeng saat ditemui di Halaman Kantor Bupati.

Karmani bercerita bahwa dirinya dan kawan-kawannya berjuang melawan penjajah dengan menggunakan bambu runcing dan beberapa senapan peninggalan Belanda. Dirinya berjuang di sepanjang pegunungan kendeng, Ambarawa, hingga surabaya.

“Ndek kae tahun 49 nembak Londo (Dulu Pada Tahun 1949 turut serta menembaki Belanda atau Penjajah)”Ujar Karmani saat membagikan ceritanya ke Media.

Sebagai veteran yang sangat dijaga oleh Pemerintah Kabupaten Rembang, Karmani banyak memperoleh tanda kehormatan di berbagai acara. Seperti saat Upacara Hari Pahlawan, dan beberapa acara yang juga dihadiri oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Saat ini, Karmani berusia 101tahun. Dia hidup bersama Sugeng anaknya, di Desa Pulo RT3/RW1, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang. (Trisno/Rbg).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed