by

Babinsa Kreatif, Kembangkan Budidaya Tanaman Anggur

Rembang, Indonesianews.co.id

Disela-sela tanggungjawabnya menjalankan tugas, seorang Babinsa di Koramil 03/ Sulang Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang, M. Mahmud Awaludin memanfaatkan waktu luangnya dengan mengembangkan budidaya tanaman anggur di lahan sawah miliknya sekitar 2.500 meter persegi.

Di lahan itu, Mahmud yang kini berdomisili di Desa Kunden Kecamatan Blora Kota Kabupaten Blora menanam tanaman anggur sebanyak 200 pohon dengan 25 varietas tanaman anggur.

Meski Jarak tempuh tempat bertugas cukup jauh sekitar 40 kilometer dari Blora menuju Rembang. Namun tak menyurutkan semangat Babinsa yang saat ini bertugas di Desa Kerep Kecamatan Sulang untuk terus berkarya.

“Saya sering memanfaatkan waktu luang sebelum berdinas dan selepas berdinas. Untuk pemupukan ataupun penyemprotan tanaman biasanya saya lakukan sebelum berdinas,” kata Mahmud kepada Indonesianews.

Ia mengungkapkan, memulai menanam anggur pada akhir Oktober 2019. Kemudian April 2020 tanaman anggur sudah bisa di panen.

“Awalnya itu sekedar hoby bertanam, pada waktu tugas di Balik papan saya sering memanfaatkan waktu luang, waktu itu bercocok tanam sayur. Setelah saya sampai di Blora ternyata belum ada tanaman anggur. Sehingga saya tertarik untuk mengembangkan tanaman anggur ini,” ungkapnya.

Sistem panen, pengunjung bisa petik buah langsung di lokasi. Disini juga disediakan warung sederhana. dengan menu-menu. Pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan tanaman anggur, makan dan minum sambil petik buah anggur kemudian ditimbang.

“Semacam taman anggur, saya siapkan juga warung sederhana.Bukan semata-mata untuk menjual buah anggur saja. Hari Sabtu dan Minggu biasanya ramai. Cuma karena masih situasi pandemi pengunjungnya juga terbatas,” jelasnya.

Ia berharap kalau memang dari rekan-rekan Babinsa ada keinginan untuk belajar saya mengajak belajar bersama memafaatkan waktu dan lahan setelah berdinas menanam anggur. Ke depan iapun berencana menambah varietas anggur dengan memanfaatkan sisa lahan yang masih kosong.

Sejauh ini budidaya tanaman anggur berjalan secara mandiri, ia berharap mudah-mudahan kedepannya ada perhatian dari pemerintah. (Trisno/Rbg).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed