by

Tim Monev, Meninjau dan Mengevaluasi Hasil Pelaksanaan TMMD 112 Di Desa Trembes

Rembang, Indonesianews.co.id

Inspiktur Kodam IV /di Penogoro Brigjen TNI Aby Ismawan, SE. Msi. Bersama Kasrem 073/ Makutarama Letkol Czi Hendro Wibisono, mewakili Panglima
meninjau dan mengevaluasi hasil pelaksanaan TMMD 112. di Desa Trembes Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah Selasa (12/10/2021).
Didampingi Dandim 0720/Rembang Letkol Kav. Donan Wahyu Sejati, S.sos.

Menjawab pertanyaan awak media disela-sela kegiatan monev Aby Ismawan, mengatakan
kalau melihat apa yang sudah dipaparkan Pak Dandim bahwa dalam pelaksanaan TMMD 112 banyak hal yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Untuk non fisik, tentunya menyadarkan atau
menggugah kembali kesadaran masyarakat untuk bergotong-royong dan untuk menciptakan situasi dan kondisi kebersamaan yang ada dimasyarakat,” katanya.

Hasilnya, tentunya dimanfaatkan untuk masyarakat sendiri.
Sementara untuk hasil fisik tentunya pembangunan- pembangunan yang sudah dilaksanakan oleh TNI beserta masyarakat dan pemerintah daerah, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat terutama di desa yang bersangkutan.

“Yang tadinya mungking melambung jauh untuk menuju Kecamatan Gunem, kini waktu tempuhnya jadi singkat.
Yang tadinya jalannya becek dan ada sungai, kalau ada hujan gak bisa dilewati, dengan adanya pembangunan jembatan sudah bisa dilewati
sehingga tidak lagi tergantung oleh cuaca
mau hujan ataupun banjir masih bisa dilalui,” ungkapnya.

Hasil pembangunan melalui TMMD 112, kewajiban pemkab adalah untuk meningkatkan kualitas jalan yang sudah terbangun saat ini.
Saat ini, jalan dibangun makadam (jalan dasar). Ke depan syukur-syukur bisa segara diaspal sehingga manfaatnya akan lebih maksimal.

Disinggung soal kemanunggalan TNI dengan rakyat,

“Saya rasa gak perlu disangsikan kemanunggalan kita TNI dengan rakyat. Rakyat ibu kandung TNI. Tentara itu, dari Rakyat segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan untuk rakyat kembali untuk rakyat,” tandasnya.

Ia berharap hasil yang sudah terlaksana dalam program TMMD 112, masyarakat punya tanggungjawab untuk memelihara dan menjaga kualitasnya, maka hendaknya dipelihara dengan baik.

“Masyarakat harus memelihara, kalau ada kerusakan diperbaiki jangan sampai dibiarkan,
kalau dibiarkan akan semakin rusak.
Maka perlu dipelihara dengan baik, sehingga manfaat TMMD ini akan lebih bisa dirasakan oleh masyarakat,” tandasnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada segenap personal TNI yang bekerja keras dan melaksanakan tugas dengan baik. untuk mensukseskan program TMMD 112. Tentunya selama pelaksanaan berbaur bersama masyarakat desa jika ada kesalahan ya mohon dimaafkan.
Mudah – mudahan menjadi ladang ibadah bagi mereka,” pungkasnya. (Trisno/Rbg).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed