by

Program Polda Jateng “Mageri Segoro”, Dengan Aksi Penanaman Sejuta Magrove

Rembang, Indonesianews.co.id

Upaya untuk menyelamatkan lingkungan sepanjang pesisir pantai dari abrasi, menjaga ekosistem, mengurangi emisi karbon dan merehabilitasi hutan di Desa Pasar Banggi Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang melalui aksi penanaman 1 juta mangrove melalui program Polda Jateng “Mageri segoro”, Selasa
(12/10/2021).

Aksi tanam sejuta magrove melibatkan unsur Polres Rembang, Kodim 0720 Rembang, TNI Angkatan Laut, Satpol PP, DLH, Kabupaten Rembang, relawan dan masyarakat desa.

Turut hadir dalam kegiatan itu,
Forkopimda Kabupaten Rembang, Ketua DPRD Kab Rembang, Waka Polres Rembang, Kepala OPD terkait, Camat Rembang, Direktur PLTU Sluke, PJU Polres Rembang, Kapolsek Jajaran, Komandan Pos TNI AL Posal Rembang,
Ketua Bhayangkari beserta anggota,
Ketua Asosiasi Nelayan Rembang dan Kapala Desa Pasar Banggi.

Wakil Bupati Rembang,
Atasa nama pemerintah daerah menyampaikan terimakasih dan apresiasi terhadap Polres Rembang atas pelaksanaan program Polda Jateng “Mageri Segoro” dalam rangka mendukung program pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi covid 19 melalui rehabilitasi hutan mangrove.

Pemanasan global bukan merupakan fenomena alam, namun merupakan dampak dari aktivitas manusia yang tidak terkendali yang menyumbang emisi gas rumah kaca sehingga menyebabkan meningkatnya suhu bumi.

Untuk mengatasi salah satunya adalah rehabilitasi hutan termasuk hutan mangrove. Hutan mangrove memiliki peran dan fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan biodata laut yang merupakan sumber makanan ikan dan udang serta pernah abrasi, penetral pencemaran lingkungan, yang sangat penting adalah mengurangi efek pemanasan global.

Kegiatan seperti ini bukanlah tanggung jawab perorangan, akan tetapi tanggungjawab kita bersama demi menjaga kelestarian lingkungan agar bisa bertahan demi anak cucu kita nanti.

Sementara itu Kapolres Rembang AKBP Dandy Aryo Yustiawan SIK dalam arahannya menyampaikan,
Pelindung dan pemulihan ekosistem mangrove merupakan langkah penting bagi Indonesia dalam upaya untuk mengurangi resiko bencana pada saat perubahan iklim.

Polda Jateng mempunyai program “Mageri Segoro” dalam rangka mendukung program pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi covid 19 melalui rehabilitasi hutan mangrove yang sudah di canangkan Presiden RI.

“Magari Segoro” artinya memberikan pagar lautan dengan tanaman mangrove yang bertujuan mencegah abrasi, mengurangi emisi karbon dan menjaga ekosistem di pesisir.

Program Polda Jateng Mageri Segoro dilaksanakan secara serentak di 16 Polres jajaran Polda Jateng.

Kegiatan dilaksanakan secara bertahap sampai akhir Desember 2021 dengan target penanaman 1 juta pohon mangrove di pesisir pantai Utara dan pantai selatan provinsi Jateng. (Trisno/Rbg).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed