MSH Ajak Masyarakat Sukseskan Ambon New Port Untuk Wujudkan Maluku Sebagai Lumbung Ikan Nasional

Daerah83 Views

Jakarta, Indonesianews.co.id 

Maluku Satu Hati (MSH), organisasi pendukung Presiden Joko Widodo sejak pemilu 2014 hingga sekarang memberikan apresiasi kepada Kepala Negara menyusul akan dilakukannya groundbreaking Pelabuhan Ambon New Port pada November 2021 dalam rangka mewujudkan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional.

Ketua Umum Maluku Satu Hati (MSH) James Talakua mengajak seluruh komponen masyarakat Maluku untuk bersatu mendukung program Presiden Jokowi tersebut dengan mempersiapkan seluruh yang diperlukan sesuai dengan kewenangan yang diberikan.

Para tokoh masyarakat, Ketua Latupati- Latupati, Raja-Raja di Maluku, pemuda, mahasiswa, akademisi, lembaga swadaya masyarakat, organisasi kemasyarakatan yang ada di Maluku hingga unsur pemerintah daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten dan Kota untuk saling bergandengan tangan agar groundbreaking Pelabuhan Ambon New Port berjalan lancar.

Dia juga mengajak masyarakat di Maluku dan masyarakat Maluku di manapun berada, baik di dalam negeri maupun luar negeri, untuk sama-sama mengawal program ini agar berjalan dengan baik dan tidak membuat kegaduhan yang dapat menghambat proses pembangunan Ambon New Port dalam rangka mewujudkan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional.

“Kalau ada apa-apa, dibicarakanlah dengan pemerintah setempat. Kita harus bergandengan tangan untuk menjaga agar Maluku tetap kondusif dan proyek Ambon New Port dalam rangka mewujudkan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional
berjalan lancar sesuai dengan target Pemerintah,” katanya.

Maluku Satu Hati juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Maluku dan mendukung Gubenur sebagai perwakilan Pemerintah Pusat untuk menyusun program agar pembangunan proyek nasional ini berjalan dengan baik.

Menurut dia, Maluku Satu Hati mendukung Jokowi sebagai Presiden karena yakin, mantan Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta tersebut akan memberikan perhatian yang serius terhadap perkembangan dan pembangunan Maluku.

Dengan konsep membangun daerah terluar, tertinggal dan termiskin serta membangun Indonesia dari Timur, di Maluku akhirnya akan dibangun Pelabuhan Ambon New Port sebagai bagian dari strategi nasional untuk mewujudkan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN). “Presiden sudah berada digaris yang benar terhadap Maluku dan terbukti sudah memberikan perhatian terhadap Maluku,” ujarnya.

Pada akhirnya, Kata James, masyarakat Maluku perlu mengetahui kapan bisa mulai menikmati hasil dari pelaksanaan program Pemerintah tersebut, terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga Maluku keluar dari daerah tertinggal.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Ambon New Port di Kota Ambon pada November 2021 yang merupakan bagian dari realisasi program Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN).

Rencana peletakan batu pertama mega proyek itu oleh Presiden Jokowi tersebut telah disetujui pada Rapat Koordinasi Gubernur Maluku Murad Ismail bersama sejumlah menteri dipimpin Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan pada Rabu, 28 Juli 2021.

James yang juga Ketua Forum Komunikasi Maritim Indonesia (Forkami) menjelaskan dengan dimulainya proyek strategis nasional di Maluku tersebut, pemerintah daerah harus bisa menyusun program yang baik dan transparan agar proyek tersebut nantinya memiliki dampak besar terhadap masyarakat Maluku.

Sebab, program ini bisa dikategorikan sukses jika masyarakat Maluku dapat merasakan manfaatnya, baik secara finansial maupun sosial. “Pemerintah daerah dan masyarakat Maluku perlu bersiap dengan kehadiran proyek strategis ini dan dapat mengambil manfaatnya untuk meningkatkan kesejahteraan,” ujarnya.

James juga mengajak masyarakat Maluku untuk senantiasa mengdengar dan mengikuti peraturan Pemerintah dan mendukung program penanganan wabah Covid-19 dengan harapan agar wabah ini segera teratasi sehingga masyarakat Indonesia bisa kembali hidup normal. “Mari kita semua kibarkan bendera Merah Putih,”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *