by

Peringati Hari Keluarga Nasional, Komisi PRK MUI Akan Gelar Webinar Nasional Cegah Stunting

Jakarta, Indonesianews.co.id 

Memeringati Hari Keluarga Nasional 2021 yang bertepatan pada Selasa 29 Juni, Komisi Perempuan Remaja dan Keluarga Majelis Ulama Indonesia (KPRK-MUI) menyelenggarakan Webinar Nasional Pencegahan Stunting pada Rabu, 30 Juni 2021.

Webinar ini digelar untuk melindungi perlindungan dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (KPPPA). Selain dilaksanakan secara virtual, webinar dengan tajuk “Keluarga Muslim Sehat, Generasi Kuat Sejahatera” ini juga langsung langsung melalui akun youtube TV MUI.

Webinar ini dihadiri Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Prof Muhajir Effendy, sebagai keynote speech yang sekaligus juga akan membuka kegiatan ini. Turut hadir pula sebagai narasumber, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dan Kepala BKKBN Dr. (HC), dr Hasto Wardoyo.
Sementara itu, MUI adiwakili Ketua Umum MUI, KH Miftachul Akhyar yang juga akan menyampaikan iftitah (sambutan pembukaan) dalam webinar ini, dan Ketua Bidang PRK MUI, Prof Amany Lubis.

Ketua Komisi PRK MUI, Dr Siti Ma’rifah,, menjelaskan pentingnya webinar ini untuk dilaksanakan demi meningkatkan pengetahuan gizi seimbang bagi masyarakat untuk mencegah terjadinya stunting. Ia menjelaskan bahwa stunting berisiko melemahkan daya imunitas, juga menghambat pertumbuhan fisik dan menghambat perkembangan kognitif yang akan berpengaruh pada tingkat kecerdasan dan produktivitas anak di masa depan.

Melihat dampak stunting yang serius, Ia menekankan pentingnya dilakukan upaya-upaya untuk mencegah stunting agar dapat tercipta generasi masa depan yang berkualitas, kuat, sehat lahir dan batin, serta tumbuh dan berkembang optimal. Seperti dengan melakukan intervensi gizi pada seluruh anggota keluarga yang mencakup suami, istri, dan anak, sebagaimana yang tertuang dalam UU Nomor 52 tahun 2009.

Ia menjelaskan bahwa, mencegah stunting berarti juga mencegah generasi yang lemah dan mempersiapkan generasi yang kuat seperti dalam perintah Alquran Surat An-Nissa ayat 9. Oleh karena itu, ia berharap webinar ini dapat meningkatkan pengetahuan tentang stunting dan gejala-gejalanya serta bagaimana cara pencegahannya serta memberikan pengetahuan tentang Gizi Seimbang pada masyarakat.

Kegiatan ini akan dihadiri 500 peserta yang terdiri dari unsur Ormas Perempuan dan 34 KPRK Wilayah, sekaligus akan dipandu dr Reisa Broto Asmoro.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed