Kapolda Jateng Himbau Masyarakat Yang Balik ke Jakarta Agar Bawa Hasil SWAB dan Surat Ijin

TNI & Polri99 Views

Grobogan, Indonesianews.co.id

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi melaksanakan pengecekan pos pengamanan Lebaran di wilayah Kabupaten Grobogan (15/5).

Didampingi sejumlah pejabat utama, Kapolda memberikan himbauan agar masyarakat yang akan kembali ke arah Jakarta untuk membawa hasil SWAB dari fasilitas medik lokal sekaligus membawa surat ijin keluar masuk wilayah Jakarta.

“Surat tersebut bisa didownload lewat aplikasi (internet-pen),” tegas Irjen Luthfi.

Ditambahkan Kapolda, saat ini aktivitas arus mudik sudah selesai dan sudah memasuki arus balik.

Hasil analisa evaluasi di lapangan, sejauh ini Polda Jateng telah memeriksa 39.494 kendaraan.

“Selama sembilan hari operasi ketupat candi 2021 kita sudah memeriksa sekaligus memutar balik sejumlah kendaraan. Adapun kendaraan yang sudah diputar balik sekitar 11.400 kendaraan,” tandasnya.

Adapun kendaraan terbanyak yang diputar balik, tambah Kapolda, adalah yang berasal dari arah Jakarta sekitar 7000 kendaraan.

Terkait dengan cara bertindak operasi kepolisian saat arus balik, Kapolda mengenaskan telah menginstruksikan jajarannya untuk menerapkan langkah-langkah edukatif.

“Kita akan banyak melakukan himbauan. Kemudian pos pengamanan khususnya yang berada di area jalan tol akan berganti posisi. Yang dulu berada di arah kiri, akan digeser ke sebelah kanan,” jelas Irjen Luthfi.

Jenderal berbintang dua ini juga menjelaskan bahwa pada periode arus balik tidak semua kendaraan bisa lewat tol.

“Untuk itu, kendaraan yang ber as tiga seperti truk dan sebagainya, dilarang masuk tol. Mereka wajib lewat jalur bawah,” tegas Kapolda.

Terkait kesiapan anggota, Kapolda telah melaksanakan pengecekan ke sejumlah wilayah dan menegaskan anggota yang terlibat operasi sangat siap dan berada pada pos masing-masing. (Sutrisno / Cahyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *