by

Pidato Perdananya, Bupati Sampaikan Visi Dan Misi Wujudkan Rembang Gemilang

-Daerah-174 views

Rembang, Indonesianews.co.id

Dalam pidato perdananya pada rapat Paripurna di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang, Bupati H.Abdul Hafidz menyampaikan visi dan misinya usai dilantik, Jum’at (26/2/2021) kemarin.

Bupati mengatakan demi mewujudkan Rembang Gemilang 2026, empat Visinya bersama Wakil Bupati Mochammad Hanies Cholil Barro’ diantaranya; 1. Mengembangkan profesionalisasi, modernisasi organisasi dan tata kerja birokrasi. 2. Mengembangkan sumber daya manusia yang semakin berkualitas dan terproteksi dalam ¬†jaminan sosial. 3. Membangun infrastruktur dan ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan. 4. Mengembangkan kemandirian desa berbasis potensi lokal.

Dikatakan Bupati, Visi tersebut diharapkan dapat terwujud dalam jangka waktu 5 (lima) tahun ke depan, dengan program-program unggulan pembangunan seperti :

1. Fokus Program Misi I (Apik Layanane) yaitu Program Digitalisasi Birokrasi dan Program Rembang Smart City. Dimana program-program tersebut diwujudkan melalui:

– APIK-Desaku (Akses Pemanfaatan Internet & Komunikasi) yang merupakan pelayanan masyarakat berbasis IT sampai ke Desa.

– Ora Ribet Birokrasiku (Penyederhanaan Layanan) sehingga memudahkan masyarakay dalam mengakses pelayanan publik.

– Gamblang Pemerintahku (Keterbukaan Informasi) yang mana memberikan kemudahan akses informasi serta pengaduan dari masyarakat kepada pemerintah berbasis digital.

2. Fokus Program Misi II (Mumpuni dan Sehat Wargane) yaitu melalui :

– Program Darma Siswa, dengan tujuan mewujudkan Pendidikan yang berkualitas dan terjangkau berbasis mutu Pendidikan yang baik. sehingga terwujud pendidikan yang berkualitas, terjangkau dan berbasis mutu pendidikan yang baik.

– Program DarmaGuru, dimana Kepala Sekolah dan Guru-guru yang berprestasi berptindak sebagai tutor sebaya, sehingga meningkatkan mutu Pendidikan dari segi tenaga pendidik.

– Program Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat melalui Home Care. Yakni pelayanan kesehatan berbasis online yang mana akan memudahkan para pasien dan calon pasien dalam berobat sehingga memperoleh pelayanan prima.

– program Peningkatan Kesejahteraan Guru Tidak Tetap Dan Guru Madin.

3.Fokus Program Misi III (Tuwuh Ekonomi) yaitu melalui :

– Program Modernisasi Pasar Rakyat, melalui Peremajaan Bangunan, Penataan lahan parkir pasar, dan Pasar Rembang Online.

– Program Optimalisasi Air Baku, melalui Pemeliharaan & Penghijauan Kawasan Resapan Air, dan Pemanfaatan Embung serta Sistem Penampungan Air.

– Program Peningkatan Daya Saing Komoditi Unggulan Daerah, UMKM dan Perdagangan, dengan Menciptakan Branding yang baik pada produk komodutas lokal, serta Penyaluran Produk Komoditas dengan kualitas terbaik.

– Program Bantuan Bedah Rumah, dengan menyediakan rumah layak huni bagi masyarakat.

– Program Cipta Kerja, melalui Peningkatan Wirausahawan dan Penciptaan Lapangan Kerja.

4. Fokus Program Misi IV (Makmur Wargane) yaitu melalui :

– Program mempercantik DeWi (Desa Wisata) Rembang, yakni dengan menjadikan pariwisata khususnya di Desa sebagai salah satu prioritas pembangunan sehingga berkontribusi terhadap PAD Kab. Rembang

Selain itu juga melalui Desa Mandiri dan Sejahtera yang ditempuh melalui pembuatan dan pemanfaatan BUMDes secara optimal untuk menunjang swasembada di tingkat desa sehingga dapat meningkatkan pendapatan yang ada di Desa.

Program Pembuatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) disetiap Kecamatan, melalui pemberian sarana umum yang bersifat multifungsi, mulai dari jogging, senam ataupun piknik sederhada yang terintegrasi dengan program APIK-Desaku.

Perwujudan penyelenggaraan program RTH juga terlihat dengan adanya Kawasan Kota Pusaka Lasem yakni dengan Menata Alu-alun, Masjid Jami’ dan Pasar Lasem dalam satu kesatuan ruang terpadu dengan jejaring jalan disekitarnya.

“Visi-misi yang ada masih sangat makro dan masih perlu untuk dijabarkan lebih lanjut ke dalam tujuan, sasaran, strategi, kebijakan, sampai dengan program prioritas. Hal ini tentu bukan pekerjaan mudah, tidak akan bisa dilakukan oleh satu atau dua orang saja. Perlu sinergi, kolaborasi, diskusi, serta proses-proses panjang lainnya yang harus kita lalui bersama dengan semua pemangku kepentingan, ” pungkasnya.

Visi Misi tersebut menurut Bupati sudah melalui pemikiran, perenungan, serta proses diskusi dengan beberapa pihak yang memiliki kepedulian dan komitmen yang tinggi untuk kemajuan Kabupaten Rembang. (Sutrisno)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.