by

KI DKI Jakarta Lakukan Roadshow Sahabat Media KIP

-Daerah-27 views

Jakarta, Indonesianews.co.id 

Komisi Informasi (KI) DKI Jakarta meski kondisi pandemi, tidak serta merta menjadi”break” dalam kinerjanya. Meski dengan keterbatasan tidak menyurutkan produktifitas dalam mengkampanyekan keterbukaan informasi publik (KIP). Tentunya hal itu tidak bisa mengandalkan internal saja, perlu aktor lain dalam hal ini MEDIA.

Menjalankan tugas dan fungsinya dengan menggaet berbagai media massa baik elektronik, cetak dan maupun online. Dimana roadshow Sahabat Media ini dilakukan baik online maupun offline garapan bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi KI DKI Jakarta selaku Ketua Aang Muhdi Gozali.

Komisi Informasi itu landasannya data dan informasi. Informasi publik sudah cukup aware dan sinergitas perlu dibangun secara kuat dengan media. “KI mendorong masyarakat informatif dan media sebagai alat perjuangan kami“, ujar Harry Ara selaku Ketua KI DKI Jakarta.

Perlu diketahui, meski KIP masih terasa asing bagi sebagian orang. Namun, UU 14/2008 sebagai regulatornya memiliki harapan agar masyarakat bisa kritis dan mau mengetahui “Hak Untuk Tahu”(Right To Know) terhadap kebijakan dan informasi publik.

Komisi Informasi DKI Jakarta berharap dapat membangun citra positif lembaga yang mandiri, kuat dan profesional. Sehingga masyarakat dapat memahami peran dan fungsi Komisi Informasi dan membumikan KIP itu sendiri ke berbagai kalangan masyarakat”, tandas Aang selaku Ketua Bidang A.S.E (advokasi, sosialisasi dan edukasi).

KI DKI Jakarta sebagai pengawal keterbukaan informasi di Provinsi DKI Jakarta harus berdampingan erat dengan media massa. Mengukur dan menilai bagaimana implementasi KIP di DKI Jakarta dengan berdampingan Media Massa. Roadshow sahabat media KIP ini meski offline dilakukan sesuai protokol kesehatan. serta tindak lanjut dari kegiatan webinar media massa yang telah diadakan. ”Komisi Informasi harus lebih giat menyampaikan info kepada kami, siap data yang akan disajikan. Buat dialog untuk mentrigger informasi yang menarik bagi masyarakat”, ujar salah satu wapemred media yang sudah audiensi dengan KI DKI Jakarta.(R)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *